Mencari Popok Sekali Pakai (Pospak) Idaman Tipe Perekat

11:38 PM

Dari awal sebelum Ammar dilahirkan, saya memang tidak punya niatan memakai popok kain padahal saya lulusan teknik lingkungan. Ga go green banget yaa... Cuma memang saya tidak mau repot dengan masalah cuci mencuci popok kain, dan baca-baca pengalaman orang banyak yang ujung-ujungnya gugur juga.

Sebelum mendekati lahiran, Pampers Premium Care sedang gencar-gencarnya melakukan promosi terutama untuk ukuran Newborn. Dengan embel-embel premium dan diskon 40% saya borong banyak banget. Kalo ditotal mungkin sampai 300 pcs dengan ukuran NB dan S. Menurut saya investasi besar banget, soalnya harga per pcs cuma 1300an plus katanya bayi baru lahir itu setiap 2 jam sekali harus diganti popoknya. 

Sip deh, udah jaga-jaga sama 300 pospak, yang premium pula. Rajin-rajin siaga cepat-cepat ganti setiap dia udah pipis atau pup.

First Impression Pampers Premium Care - NB:
+ Tipis
+ Lembut
+ Desainnya cheerful
+ Ada garis indikator udah ada isinya belum si pospak
Note: Ini intinya first impression sama pospak sih, selama ini ga tau perbandingan pospak yang lain gimana, udah kepincut ama kata-kata premiumnya

Seminggu, dua minggu terlewati... Awalnya saya ga gitu ngeh, sampai ibu saya yang bilang kalo itu ada merah di patpatnya si Ammar. Kyaaaaa.. padahal aku sudah sesiaga mungkin mengganti popoknya. Akhirnya intropeksi diri, oh mungkin karena kapasnya kebasahan terus abis itu ngga diseka lagi untuk dikeringkan (nyontoh suster hermina waktu itu dia ga keringin lagi). Saya kasih diaper cream juga. Cuma membaik dikit terus gitu lagi... Wah kayanya ga cocok nih, harus mulai cobain pospak merk lain (Apa kabar itu sisa pospak masih ratusan ☹) Ngga cuman merah doang ya, ini sampai kaya semacam kutu air tapi ga berair, aduh gimana ya jelasinny, tapi belum sampai semenyeramkan hasil googling gambar "Diaper Rash" sih

Nilai Pampers Premium Care: 6/10
Harga: $$$ (kalau normal)

Jreng jreng..Dimulailah pencarian pospak idaman untuk Ammar


Baca review sana sini di blog orang, akhirnya saya memutuskan untuk memilih nepia sebagai pospak alternatif pengganti. 

First Impression Nepia Genki:
+ Tipis juga
+ Lebih lembut dari Pampers Premium Care
+ Desainnya simple classic gitu, tp ga keliatan murahan
- Lebih mahal dari Pampers Premium Care, Isi 44 harganya IDR 95,000 ukuran NB, IDR 190,000 ukuran S
- Kebanyakan tersedia online atau di toko bayi, ga ada di Supermarket

Harganya lebih mahal, tapi sebagai emak-emak baru yang masih suka panikan, demi anak apapun deh. Sambil terus rajin ngasih diaper cream (aku pake purol zalf sama puree diaper cream, yang lagi berada di jangkauan tangan mana aja), akhirnya diaper rash Ammar mulai menghilang.

Suatu ketika nepia udah abis, tapi pesenan yang baru belum datang, akhirnya saya coba pakaikan lagi yang pampers premium care yang masih tersisa. Eaaaa... merah-merahnya datang lagi. Officially good bye ini mahhh..

Saya nyaman dengan nepia, malas mencari-cari pospak lagi. Saya termasuk yang lambat menguasai teknik menyusui sambil berbaring (uuhhh padahal ini salah satu kunci bahagia ibu-ibu baru). Saat Ammar sudah berusia 1,5 bulan lebih kalau tidak salah saya baru bisa. Jadi tiap malam seringnya Ammar tertidur dengan posisi miring, sama kaya emaknya. Ammar termasuk anak yang cepat menyesuaikan dan tertidur panjang di malam hari pada saat usianya 1 bulan. Terbangun maksimal banget 2x. Biasanya cuma sekali dan itu ternyata karena udah banjir, baju dan celananya basah. Huhuhuhu..

Saya masih belum ngeh ya, bahwa salah satu faktor penting Diaper idaman selain tidak diaper rash juga tidak bocor samping. Sampai akhirnya cerita-cerita sama temen, dia bilang kalau bocor samping berarti ngga cocok mungkin fittingnya dengan anak kita. (Saat itu Ammar sudah menggunakan size S, jadi bukan karena kekecilan). Yahhh harus cari baru lagi dong... 

Nilai Nepia Genki: 7.5/10

Akhirnya saya beli merries premium yang kebetulan lagi diskon, lupa harganya berapa.. IDR 60,000 untuk isi 24 ukuran S kalau tidak salah.. Lahhh udah diskon aja harganya deket-deket ke 3000/pcs. Bayi minimal kan 6-7 pospak tiap harinya.Gapapa, demi Ammar lah pokoknya.

First Impression Merries Premium:
+ Tipis
+ Cuttingnya besar
+ Ada indikator pipisnya juga
- Harganya mahal

Pakai merries premium, saya tidak ada keluhan apa-apa sama sekali. Ngga diaper rash, ngga bocor. Ok lah.. Merries premium ini buatan jepang, kalau yang merries good skin bikinan Indonesia. Saya agak lupa hanya 1 atau 2 bungkus saja saya beli merries, setelah itu saya bergerilya lagi cari pospak lain dan seorang teman menyarankan Mamy Poko Extra Dry.

Nilai Merries Premium: 8/10
Harga: $$$$

First Impression Mamy Poko Extra Dry:
+ Ada Indikator Pipis
+ Mudah didapatkan di supermarket terdekat (beli ga mesti online)
+ Lebih murah dari 3 pospak yang sebelumnya dibeli (dibandingkan kalau pampers premium carenya dengan harga normal ya), IDR 95,000 udah dapet yang isi 50 (beli di Tiptop).
+ desainnya unyuuu banget, winnie the pooh gitu, dan dalam satu kemasan ada beberapa motif berbeda
- Bulky → ini berasa banget kalau sebelumnya udah biasa pakai yang premium

Catatan tambahan: Oh iya harga satuan pampers memang akan lebih mahal seiring makin besarnya ukuran

Walaupun agak bulky, tapi saya happy banget pakai pospak ini, Ammar tidurnya ga kebangun-bangun, ga diaper rash juga ☺ ga bocor samping juga... Harganya ga mahal lagi. Bahagia deh diriku.Tapii, kayanya karet mamy poko ini agak terlalu ketat/kekencengan di pahanya si Ammar. Waktu itu Ammar beratnya 5 komaan kg, padahal kan size S mamy poko itu untuk 4-8 kg. Akhirnya saya beliin deh yang size M (6-10 kg), ehh kegedean banget. Hmmmm, apakah kuharus mencari pospak lain lagi..

Nilai Mamypoko Extra Dry: 9/10
Harga: $$

Suatu hari, ibu saya pulang belanja dan membelikan Ammar Sweety Comfort Gold yang ukuran M. Range ukuran M pospak ini untuk 5-x kg lupa sampai berapa kg. Cuma berat ammar sudah masuk. Plus si pospak ini ceritanya lagi diskon juga dan ada embel-embel undian jalan-jalan ke Amerika.

First Impression Sweety Comfort Gold:
+ Tipis
+ Desainnya hello kitty gt, bungkusnya warna tosca kesukaankuuu
- Ngga ada indikator pipisnya (by this time, aku udah ngga perlu lagi sih sebenernya, udah bisa ngira-ngira tingkat kepenuhan dari teken-teken pospaknya aja
+ Ngga terlalu mahal dengan catatan harga promo ya, untuk isi 24 ukuran M, harganya IDR 48,000 (Beli di Tiptop)

Ngga ada keluhan untuk pospak yang satu ini, selain itu Ammar sudah 3 bulan lebih, kayanya kulitnya sudah tidak sesensitif dulu pas masih Newborn. Jadi sebenernya perbandingan ini rada-rada kurang apple to apple sih, soalnya waktu nyobanya beda. Cuman mungkin saya ga bakal balik lagi ke pospak yang pernah buat anak saya diaper rash.Tapi kemarin sempat merhatiin ada merah di dekat lubang pantat Ammar, mungkin juga karena sekarang sudah tidak sesering dulu gantinya, dan karena doi juga kebo sih sleep through the night, jadi saya cuma gantiin pospaknya sebelum tidur (jam 9 malam) sama kalau dia kebangun (terkadang baru jam 6 atau bahkan jam 7 pagi)

Nilai Sweety Comfort Gold: 8.5/10
Harga: $$$ (kalau normal)

Sampai saat ini sih saya juga sudah mencoba merk lain tapi tipe pants. Kepanjangan kayanya kalau digabung di post ini. Sebenernya sih mau bikin tabel pembobotan pemilihan pospak (sok engineer banget), tapi akan saya update lagi lain waktu kalau sempet dan inget. Hehehehe

DISCLAIMER: Setiap anak berbeda-beda kecocokannya terhadap pospak. Review ini jangan dijadikan patokan sepenuhnya juga ya. Mungkin bisa jadi pertimbangan.

Happy Hunting, Mommies!



You Might Also Like

2 comments

  1. mom, udah pernah nyoba mamypoko extra soft belum?? anakku cocok banget pake itu, jadi jarang explore merk yang lain hehe.
    oh ya share aja nih mom, aku biasanya beli pospak online di shopee, harganya murah :D
    nama tokonya fawzia.babyshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. udahhh... iya enakkk... anakku sekarang paling sering pake mampok extra soft yang pants. emang belinya mesti online atau ga diskon besar di supermarket, harga normal retailnya kemahalannn

      Delete

Subscribe