Barcelona: Camp Nou Experience

10:35 PM

Karena Si Abi fans berat Barca dan Messi, pada euro trip yang lalu kami berkunjung ke Barcelona. Untuk memasukkan Barcelona ke itinerary awal yang kami buat tidaklah mudah karena letaknya di bawah mengarah ke selatan, sedangkan tujuan kami selanjutnya adalah Budapest, Eropa Timur. Tujuan utamanya tentu saja bukan bangunan-bangunan aneh karya Gaudi, tapi markas Barca, Camp Nou.
Abi dan Umi di pintu masuk

Abi di depan Camp Nou

    Sumringah banget padahal masih di depannya, Messi's #1 Fan
  •  How to buy? Bisa langsung di website resmi FC Barcelona. Bisa juga langsung beli go show di stadiunnya, karena yang beli online pun nantinya juga tetap harus antri buat tukar tiket. Bedanya kalau online bisa pakai voucher code diskon tinggal googling aja suka ada yang share kok, yah walaupun engga banyak sih kurangnya, untuk 2 tiket berkurang 5 euro dari harga penuh 23 Euro per orang.
Loket tempat pembelian/penukaran tiket
  • Opening hours: All year long kecuali tanggal 1 Januari dan 25 Desember. Sebelum melakukan kunjungan, pastikan untuk cek jadwal di websitenya, pada h-1 dan hari h dimana ada pertandingan, akses untuk peserta tur akan terbatas hanya ruangan tropi. 
  • Approximate Tour Length: Kalo dari websitenya sih 1 jam 30 menit (ini versi agak buru-buru), kenyataannya saya menghabiskan waktu lebih lama dari 2 jam karena sekalian bacain sejarah-sejarah disana. Oh iya walau namanya tur bukan berarti ada pemandunya gitu ya, jadi ini kita keliling-keliling sendiri dan seberapa lama kita di dalam tergantung kita asalkan tidak melebihi opening hoursnya. Kalau mau yang guided, tambah lagi biayanya, tapi lupa nambah berapa. Tanpa diguide, informasi di tiap sectionnya cukup lengkap kok. Yah kadang-kadang curi-curi dengar tour guide juga sih pas dijelasin ketika di tempat istirahatnya tim tandang. Mereka juga ngejual booklet (penampakannya kaya yang dipegang abi di foto atas) yang isinya panduan tur cam nou seharga 5 Euro.
  • Tour Highlight, bisa lihat video disini
Secara umum sih terbagi beberapa bagian.
Pertama, Trophy Room. Di tempat ini pada intinya ada semua piala-piala yang pernah didapatkan klub Barcelona, bukan cuma tim sepak bola aja loh, tapi ada juga tim basketnya dan lain-lain. 
Azi (cemberut) di Trophy Roomnya Barca :p
Lumayan banyak yang ditampilkan disini, masih dalam satu ruangan yang sama juga ada yang disebut Messi Room, ini achievement khusus Messi sih.
Mbak-mbak yang biasa bersih-bersih numpang mejeng
Agak-agak lupa sama susunan ruangan setelah ini, sebagai orang yang engga pernah ikutan tur stadiun lainnya, bagi saya sih cukup lengkap. Mulai dari liat tempat istirahatnya lawan (yang punya tuan rumah ngga dibuka). Tempat konferensi pers, lorong menuju stadiun, sampai akhirnya ke stadiunnya, media center, dll.
Conference Room

Lorong dari tempat istirahat ke stadiun
Berasa Messi :p


Ada fans MU nyasar yang paling kiri :p

Di tempat pers (enak banget viewnya)


Maket Rencana Pengembangan Camp Nou ke depannya

Banyak deh yang bisa dilihat apalagi kalau kalian penggemar Barca ya. As for Azi, dia mah setan merah, jadi dia cemberut plus sedih-sedih ga jelas soalnya malah ke Camp Nou duluan sebelum ke Old Trafford. Hehehe, 2 tahun lagi kita kesana ya, sama debay.

Commercial Point: Buanyakkkkkk banget
  • Ada coin machine dengan gambar messi dan khas barca lainnya, 1 buah 4 Euro. 
  • Di paling ujung sebelum selesai tur ada toko merchandise super lengkap (engga beli apa-apa, mahilll... biasanya beli kaos barca di Indo pas sport station diskon)
  • Ada sesi foto-foto nanti fotonya di edit, print-annya dibundel sama buku sejarah barca gitu, kemaren sih kita ambil paket yang 35 Euro, dapat satu bundel, isinya 3 atau 4 foto kita, terus gantungan kunci sama apalagi gitu ya.. Belum sempet difotoin, nanti bakal diupdate disini
  • Bibit rumput camp nou! Iyah ada yang jual bibitnya, jadi katanya si rumput ini high quality but low maintenance jadi ga perlu air banyak. Ada juga yang jual potongan rumputnya, bahkan ada lagi yang rumput dipakai pada pertandingan XXX. Semakin ada historisnya semakin mahal. Menarik sih, tapi...
Saya bukan penggemar bola, tapi baru nyadar ya betapa banyak uang yang bisa diperoleh dari hanya penjualan merchandise, belum lagi penjualan tiket, sponsor, dll... Wahh pantes aja ya pemain bola bisa dibayar mahal.

In the end, worth to visit? Yes, if you're a barca fans and have some time to spare.












You Might Also Like

0 comments

Subscribe