DIY BB Cushion

8:41 PM



Edisi post deadliner. Kali ini topik collablogging kelompok Najwa Shihab adalah DIY (Do It Yourself). Mak, matilahhh… aku orangnya engga kreatif banget, boro-boro DIY, masak menu di rumah dan MPASI aja ga gitu bervariasi, hehehe (ada hubungannya ga sih…). Lalu tiba-tiba kuteringat beberapa bulan yang lalu (jaman minimal belanja shopee 70.000 udah free ongkos kirim JNE), pernah beli BB Cushion Set Case “It’s My Cushion”. Dan sampai sekarang ngga pernah dibuat-buat 😋

Waktu itu terinspirasi dari video youtubenya Widad Sf kalau ga salah termasuk tutorial youtube diy bb cushion indonesia yang awal-awal upload. BB Cushion sendiri merupakan tren kosmetik dari Korea, namun saya pribadi suka trust issue kalo untuk produk complexion dari korea karena kulit saya sawo matang (NC 35-37, kalo MAC reference) dan biasanya di kulit Indonesia bingit kaya saya jatuhnya jadi pektay (keputihan, ashy, gimana gitu). Tapi ya gituuu, akhirnya belum dibikin-bikin udah hampir setahun mungkin ya belinya. Sampai akhirnya malah beli super bb cushion versi Maybelline dan milih yang shadenya paling gelap 03 Natural (pilihannya cuma ada 2 shade). Yakkkk, tetap agak keputihan pemirsa walaupun setelah beberapa saat dia akan oxidize dan tone down. Jadilah saya parno mau nyoba bb cushion merk korea, walaupun ada yang bilang laneige ngeluarin range shade lebih banyak dan ada yg kulit tempe bacem friendly (tapi 400ribuan makkk)

Setelah mencoba bb cushion maybelline itulah saya baru sadar bahwa bb cushion itu penolong emak-emak banget karena kepraktisannya dan perlu waktu sebentar saja karena sudah ada pelembab, foundation, sunblock dalam satu usapan… tsahhhh… (Walaupun sebenarnya bagi saya, step by step skincare routine sampai dengan make up itu sebenarnya membawa kenikamatan tersendiri. *lalu nengok, ada Ammar lagi ngintil dan siap mencontoh emaknya make up-an, bahaya iniii)

Bahan yang dibutuhkan:


  • BB Cushion Set "It's My Cushion" (bisa yang baru dan kosong ataupun yang bekas, jangan lupa dicuci)
  • Foundation favorite kamu: disini saya pakai maybelline dream liquid mousse foundation shade sand beige dan the ordinary serum foundation shade 2.1 Y (tapi yang satu ini ga ngefek karena cuma dikit banget yang keluar). Oh iya, untuk bb cushion, lebih baik menggunakan foundie yang cair ya, akan susah dicampurnya kalo yang creamy atau padat. Satu lagi menurut saya, kalau berniat mencampurkannya dengan pelembab, sebaiknya jangan gunakan foundie yang terlalu light coveragenya, karena ketika dicampurkan dengan yang lain memang akan menurunkan coveragenya. Gunakan foundation yang bisa medium to full coverage atau buildable, toh nanti akan lebih "tame". 
  • Sunblock (jika ingin tambahan SPF): biore uv perfect protect milk 
  • Primer (agar lebih tahan lama): monistat chafing relief powder gel
  • Tambahan lainnya yang diinginkan (disini saya pakai highlighter cair dari City Cosmetics yang kebetulan engga habis-habis, daripada mubazir, sekalian biar ada glow-glow dikit gitu)

Alat yang dibutuhkan:

  • Spatula/Pengaduk
  • Tisu/Kapas/Cotton Bud untuk membersihkan kalau ada yang belepotan

Step by Step:

  1. Buka Cushion Set kamu (remove sponge yang ada di dalam tempat cushion)
  2. Tuangkan/pump foundation ke dalam cushion. Di foto saya menuangkan 20 pump foundation maybelline, saya juga menambahkan dengan foundation the ordinary, tapi sayang keluarnya kurang banyak, jadi cuma nyiprat dikit aja. (Tapi setelah dicoba ternyata ini kedikitan, mungkin bisa dicoba 60 atau lebih pump sekitar 15 ml atau ⅓ dari tempat cushion yang tersedia)
  3. Tambahkan primer, sunblock, liquid highlighter, dan pelembab sejumlah yang diinginkan. 
  4. Aduk dengan spatula/pengaduk sampai tercampur rata. Cek tekstur dan warnanya, apakah sudah sesuai yang diinginkan, jika belum sesuaikan lagi dengan foundation dan bahan lainnya.
  5. Bersihkan pengaduk dengan cara menggesekkannya ke sponge cushion. 
  6. Masukkan sponge cushion ke tempatnya. Tekan sampai campuran foundation menyerap ke bagian atas sponge (cara cepetnya juga, sponge di bolak balik celup ke campuran) 
  7. Gunakan sponge applicator, tap deh ke muka :)

Hasil bb cushion racikan sendiri di muka (ati-ati eneg liat fotonya):


Bare face and after only bb cushion application. Front camera (no beauty mode of courseee) in front of window.
Kalo saya sih Abis bb cushion tinggal tambah mascara, eyeliner, lipstik, trus totol dikit lipstik di pipi jadi blush on. Hehehhe... Praktis dan cepat kalau bukan untuk acara khusus, sekedar jalan ke mall atau ketemu teman. Untuk daya tahannya selama ini sih ya standar aja, selama di luar jarang touch up juga (ga sempet  😂)

Kelebihan bikin bb cushion sendiri adalah:
  • Warnanya bisa lebih disesuaikan mengingat pilihan warna bb cushion masih terbatas.
  • Dapat menggunakan produk pilihan yang memang cocok dengan kulit kita.
  • Bisa mengatur sendiri nilai plus/manfaat yang diinginkan, berapa SPFnya, sampai kalau mau antiaging dengan menambahkan serum retinol pun juga bisa. Yang penting hasil campurannya bisa jadi homogen.

Gimana, tertarik ngeracik bb cushion sendiri?

With love,

Sumayyah

Post merupakan balasan dari post trigger oleh Emak Alfu di web KEB
Cek juga balasan post DIY lainnya oleh kelompok najwa shihab:


  • Aya →http://www.kartikanugmalia.com/2017/11/diy-wadah-perlengkapan-jahit.html
  • Julia → http://sepradik.com/diy-menghias-sandal-japit-agar-lebih-cantik/


You Might Also Like

3 comments

  1. Aku juga sering coba-coba mak, sayangnya kadang warna base makeupnya jadi ga cocok. Sepertinya perlu juga nyobain diy cushion ala mak sumayyah nih.

    ReplyDelete
  2. Omg 😲 bisa ya bikin bb chusion sendiri. Selama ini saya belum pernah coba product bb chusion dari merek manapun. Karena udah mentok banget pakai bb cream atau cc cream. Ternyata bb chusion resepnya gampang juga ya, macam bikin adonan tepung campur-campur gitu. Tapi hasilnya bagus 😍.
    Thank you Mak for sharing your DIY

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nih sekalipun pakai produk bb cushion.. Kapan-kapan coba eksperiment ah, hihi

    ReplyDelete

Subscribe