Review Buku: Buku Anak oleh Maurice Pledger

2:58 AM

review buku maurice pledger

Semenjak punya anak, saya punya hobi baru yaitu beli buku anak-anak. Apalagi sekarang makin sering pameran buku impor (read: Big Bad Wolf dan semacamnya) di Indonesia, buku anak impor menjadi lebih murah dan terjangkau. Bukan berarti buku lokal tidak bagus ya.


Kali ini saya akan mengulas 3 judul buku anak yang ditulis oleh Maurice Pledger. Bagi ibu-ibu yang sering ikutan grup jastip (jasa titip) bbw pasti familiar dengan buku-buku seperti Sounds of the Wild (SOTW) dan Seashore yang sering jadi rebutan. SOTW dan Seashore ini cenderung seperti ensiklopedia, saya punya 1 buku sejenis ensiklopedia oleh Maurice Pledger juga judulnya Explore Bugs. 


bugs maurice pledger

Ketiga buku ini bentuknya boardbook dengan jumlah 16 halaman jadi cenderung aman dari robekan, kecuali di halaman terakhir ada halaman tambahan yang menggunakan art paper tebal serta bagian lift the flap. Di setiap cover terdapat touch and feel sedangkan pada bagian dalam terdapat lift the flap setiap 2-4 halaman.

1. Ping-Ping Panda's Bamboo Journey


ping ping panda's bamboo journey

Isi ceritanya adalah tentang Ping-Ping si bayi panda yang kelaparan dan mencari bambu untuk di makan. Ping-ping ditemani oleh teman-temannya yang ia temui di jalan dalam mencari pohon bambu. Dari buku ini saya belajar bahwa red panda itu tidak sama dengan racoon dan mengenal hummingbird dan kingfisher. Iyah, saya ikutan belajar sama anak saya. Dulu perbendaharaan burung, cuma tau elang, kakaktua, gagak, gereja, merpati, sekarang makin banyak.

ping ping panda's bamboo journey

 2. Daisy Duckling's Adventure


daisy duckling's adventure

Buku ini menceritakan tentang anak bebek yang baru saja menetas dan mencari saudara-saudaranya. Dia bertemu dengan binatang-binatang lain yang juga baru menetas dari telur. Dari buku ini saya baru tau kalo cygnet artinya anak angsa!

daisy duckling's adventure

 3. Billy Bunny and the Butterflies


billy bunny maurice pledger

Yang terakhir berisi tentang Billy si Kelinci yang penasaran seperti apa rupa kupu-kupu. Saya belajar berbagai macam hewan pengerat dan jenis bunga.


Sebenarnya ketiga buku ini pola ceritanya sama, mencari sesuatu dan bertemu dengan binatang yang lain. Hanya apa yang dicari dan binatangnya saja yang berbeda. Binatang yang ada di buku Ping-Ping Panda contohnya ada red panda, hummingbird, kingfisher, mole, dan lain-lain yang jujur kadang saya bingung bahasa Indonesianya apa yaaa... Jadi saya ikut belajar dan mencari tau agar bisa menerangkan binatang tersebut ke anak.

Selain ketiga buku ini, ada seri serupa oleh Maurice Pledger judulnya Bobby Bear and the Honeybees serta Dottie Dolphin Plays Hide and Seek. Saat post ini ditulis, bukunya baru saja saya pesan ke teman di Malaysia, hehehe. Saya sendiri memang suka mengkoleksi buku anak, jadi walaupun setipe tetap saya beli.

Setelah sering membaca buku anak, ada satu yang saya sadari pada buku anak luar negeri. Yaitu biasanya huruf depan nama tokoh binatang akan sama dengan binatang itu, contohnya: Ping Ping Panda, Daisy Duckling, Billy Bunny. Mungkin kalau saya bikin cerita binatang nanti namanya Bambang Badak, Jojon Jerapah, dan Gigin Gajah kali ya, hehehehe

Rekomendasi umur di belakang buku ini sendiri sebenarnya 3 tahun ke atas, tapi anak saya Caca (10 bulan) dan Ammar (2.5 tahun) sangat suka dibacakan buku ini. Jadi menurut saya sepertinya dari 1 tahun pun tidak apa asal dengan pendampingan.

Jadi tertarik untuk menambahkan karya Maurice Pledger ke wishlist BBW kamu? 


You Might Also Like

0 comments

Subscribe