Perbedaan Popok Perekat dan Celana serta Tingkatan Kelasnya

6:57 AM




Dear Mommies,

Kali ini saya mau membahas jenis-jenis popok sekali pakai dan tingkatan levelnya. Ada 2 jenis tipe popok sekali pakai (baik bagi dewasa maupun bayi) yaitu tipe perekat atau tape dan tipe celana atau pants.

Popok tipe perekat

Pemakaian: 
biasanya dari newborn sampai umur 4 bulan atau lebih tergantung kapan anaknya mulai susah diam dan kabur-kaburan saat digantikan popok. 

Kelebihan: 
  • Kalau mau ngecek popok ada isinya atau tidak tinggal buka perekat, kalau masih belum ada isinya bisa direkatkan kembali.
  • Harga lebih murah daripada tipe celana (mungkin karena proses pembuatannya hanya dipotong dan diberi perekat, sedangkan kalo pants kan harus dijahit)
Kekurangan: 
Susah dipakaikan jika anaknya sudah lincah, makanya kalau diperhatikan popok tipe perekat ukuran L biasanya sering diskon/kurang laku karena pada rentang berat ukuran L biasanya anak sudah lincah kesana kemari.

Popok tipe celana

Pemakaian: Biasanya dipakaikan ketika anak sudah mulai banyak bergerak. Kapannya tergantung anak itu sendiri. Ada kalanya juga popok celana dipilih karena cutting popok perekat yang sudah kekecilan tapi kalau naik ukuran masih kebesaran, akhirnya ganti ke tipe celana dengan ukuran yang sama.

Kelebihan: Dipakai seperti celana, anak tidak perlu tiduran, cocok untuk anak yang tidak bisa diam.

Kekurangan:
  • Harga lebih mahal dibandingkan perekat
  • Sekali dirobek pinggirnya, tidak bisa digunakan kembali


Tingkatan Kelas Popok Sekali Pakai

Hampir setiap merk memiliki lebih dari 1 jenis popok agar bisa mengakomodir semua kelas. Mulai dari yang ekonomis sampai yang premium. 

Kelas Ekonomis:

  • Cenderung lebih minimalis, fungsi utama adalah menahan pipis dan pup. Aksesoris tambahan tidak ada.
  • Biasanya daya tampung lebih sedikit dan gel di dalam popok "suka berantakan", jadi kalo ada isinya terlihat bentuknya ga rapih aja gitu.

Kelas Menengah:

  • Ada di tengah-tengah, kualitas permukaan popok biasanya lebih baik dari yang ekonomis, gel nya juga tidak kemana-mana.
  • Biasanya sampai kelas ini, masih belum dilengkapi roll tape dan wetness indicator

Kelas Premium:

  • Permukaan popok lebih halus dan lembut (biasanya ini yang buat lebih mahal, karena untuk jaminan tidak menimbulkan ruam popok)
  • Biasanya dilengkapi dengan wetness indicator
  • Kapasitas tampung biasanya lebih besar.
  • Untuk pants, dilengkapi dengan roll tape agar mudah saat popok dibuang


Sebagai contoh gambar di atas adalah perbandingan antara Sweety Silver dan Sweety Gold Comfort tipe perekat ukuran S. Sekilas terlihat sama (tapi kalo merk lain biasanya beda tipe ekonomis dan premiumnya), namun karet pinggirnya berbeda, kelembutan dan tekstur popok juga berbeda. Yang gold lebih halus serta perekatnya bisa dicopot dan direkatkan kembali. Kalau yang silver, ketika perekatnya sudah dicopot lalu direkatkan kembali, agak tidak menempel lagi. Selain itu, yang gold memiliki core absorbent lebih banyak yang membuat daya tampungnya lebih tinggi.




Sedangkan untuk gambar di atas sebagai gambaran umum popok celana ekonomis dan premium. Biasanya yang ekonomis, cetakan popoknya lebih bebas, oleh karena itu petunjuk "front" nya hanya menggunakan tanda panah sehingga dipotong dimana saja tidak masalah. Sedangkan yang premium, cetakannya lebij tertata, bagian depan dan belakangnya jelas, pemotongan bahan oleh mesin harus pas dan dilengkapi keterangan size. Selain itu bisa dilihat juga biasanya popok celana kelas premium menyertakan roll tape (kecuali Fitti Import yang bungkusnya kuning, satu-satunga kelas premium tapi tidak ada roll tapenya).


Tingkatan
Mamypoko
Nepia
Merries
Goo.n
Sweety
Ekonomis
Standard dan Xtra Kering
Rp 1500/pc
Moko-Moko
Rp 1700/pc
Good Skin
Rp 1500/pc
Smile Baby
Rp 1650/pc
Bronze
Rp 1500/pc
Menengah

Extra Dry
Rp 2200/pc
Silver
Rp 2000/pc
Premium

Extra Soft
Rp 2400/pc
Genki
Rp 4100/pc
Smile
Rp 3300/pc
Excellent Dry
Rp 2100/pc
Gold
Rp 2100/pc
*harga untuk pants ukuran M di Shopee dengan penjualan terlaris, harga di supermarket sekitar anda mungkin lebih mahal


Semoga bermanfaat 😊

You Might Also Like

2 comments

  1. Baca ini jadi pengen punya bayi lagi. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang punya bayi pengen anaknya cepet-cepet gede. Yang anaknya gede kangen anaknya bayi lagi yakkk... Hehhehe

      Delete

Subscribe