My Reading List: April 2020

by - June 15, 2020


Di Bulan April ini, saya berhasil membaca 3 buku. Sudah mulai terseok-seok nih karena mulai lebih asyik menonton. Hihihihi... Bulan ini rasanya saya teracuni menonton "Hi Bye Mama", sebuah kdrama tentang seorang wanita yang meninggal sesaat setelah kecelakaan dan melahirkan lalu diberi kesempatan untuk hidup lagi. Eitsss, jadi melenceng gini. Langsung ajaaa

1. Bare Minimum Parenting




Penulis: James Breakwell
Genre: Parenting
Rating Pribadi: 8.5/10
Review Singkat: 
Sebelumnya saya adalah follower dari James Breakwell yang cukup populer di twitter dengan username @XplodingUnicorn. Ia adalah ayah dari 4 anak perempuan dengan usia putri tertua 10 tahun dan termuda 4 tahun. Rasa-rasanya saya sudah follow dari anaknya masih tiga. Isi tweetnya kebanyakan cuplikan percakapan dengan anak-anaknya yang cukup kocak khas anak-anak tentunya.

Karena saya masih dalam "pledge" saya untuk tidak membaca buku parenting, buku ini termasuk pengecualian. Karena kalau membahas parenting dengan cara nyinyir dan humor saya sukaaa... Jadi pada buku ini, James memberikan tips bagaimana untuk membesarkan anak agar dia tidak menjadi manusia yang gagal dengan usaha seminimal mungkin. 

Salah satu chapter yang cukup menarik menurut saya adalah "Substraction by Multification". Di bagian ini, James menjelaskan keuntungan memiliki anak lebih dari satu yang menurutnya bukan berarti kerepotannya dikali jumlah anak, malah tak jarang, mengurus anak satu itu lebih repot. Kenapa? Karena dengan memiliki satu anak saja, berarti kita adalah sumber hiburan satu-satunya. Sedangkan dengan adanya saudara, mereka bisa bermain bersama, atau bahkan saling bertengkar, namun mereka memiliki objek lain selain kita orang tuanya kan. Belum lagi kalau anaknya hanya satu, besar kemungkinan dia membawa temannya (anak orang lain), yang sudah pasti memiliki diplomatic immunity. 

Pokoknya buku ini kocak banget deh untuk dibaca. Seperti membaca stand up comedy yang ditulis.  

2. Norwegian Wood




Penulis: Haruki Murakami
Genre: Fiction
Rating Pribadi: 7.5/10
Review Singkat: 
Kebetulan suami saya adalah penggemar Haruki Murakami. Banyak bukunya terpampang di lemari buku kami. Saya pun penasaran dan akhirnya mencoba membaca buku yang ketika diterbitkan pertama kali di Jepang pada tahun 1987 mengundang banyak kontroversi. Buku ini bercerita tentang cinta segitiga antara Toru, Kizuki, dan Naoko. Pada suatu hari, Kizuki memutuskan untuk mengakhiri hidupnya secara mendadak tanpa alasan yang jelas bagi semua orang. Hal ini membawa dampak psikologis terhadap Toru sahabatnya, dan Naoko kekasihnya. Luka yang sama ini lah akhirnya membawa Toru dan Naoko menjadi lebih dekat walaupun hal ini ternyata tidak mampu untuk benar-benar menyembuhkan. 

Sejujurnya saya bingung kenapa semua orang suka buku ini, karena bagi saya buku ini cukup depressing dan butuh perjuangan untuk saya menyelesaikan buku ini. Karena saya perlu mencari tahu kenapa buku ini memiliki rating yang tinggi. Saya hampir saja memberinya rating 7 atau bahkan kurang, namun karena saya agak bingung dengan endingnya (dan saya suka kalau saya jadi bingung dan penasaran) maka saya berikan nilai 7.5

3. Confession of Scary Mommy




Penulis: Jill Smokler
Genre: Memoir
Rating Pribadi: 8.5/10
Review Singkat: 
Ada yang pernah nyasar ke websitenya scarymommy? Kalau saya cukup sering, misalnya mencari tips atau bacaan tentang parenting. Tulisan berisi curhatan istri kepada suami atau anak-anaknya pun juga ada dengan gaya bahasa yang lucu. Scary Mommy ini awalnya bermula dari seorang wanita bernama Jill Smokler yang menceritakan keseharian dan pemikirannya terkait perannya menjadi Ibu. Dan seperti hampir semua wanita, ternyata banyak yang berubah ketika kita memiliki anak. Tak disangka, blognya mendapatkan banyak traffic dan populer dikarenakan banyak yang bisa relate dengan apa yang Jill tulis. Akhirnya scarrymommy pun menjadi media tersendiri dengan fokus pada hal seputar kehamilan dan parenting.

Di buku ini, Jill menuliskan "The Scary Mommy Manifesto" yang berisi hal-hal seperti tidak boleh menilai dan menghakimi ibu lain berdasarkan tindakan yang terlihat, tidak boleh sok tau apalagi tentang bayi orang lain, atau merendahkan pilihan ibu lain hanya karena pilihannya berbeda dengan kita, dan harus mengingat bahwa TIDAK ADA IBU YANG SEMPURNA.

Buku ini terdiri dari banyak chapter pendek yang disertai dengan "pengakuan ibu-ibu" terkait dengan bahasan di chapter tersebut. Semacam dirty little secret gitu. Mulai dari masa transisi setelah mempunyai anak, ekspektasi yang tidak sesuai, the biggest baby of all (baca: suami), serta kelakuan-kelakuan aneh (namun sebenarnya normal) yang dituliskan dengan gaya humor pada buku ini. Jadi ini segenre lah ya dengan buku The Bare Minimum Parenting. Yang pasti ini adalah tipe buku bacaan yang menghibur bukan menggurui. No hard feeling.

Ada yang punya rekomendasi buku serupa? Saya sih penasaran banget sama buku "Hold On But Don't Hold Still" nya Kristina Kuzmic tapi masih di wishlist.


You May Also Like

1 comments

  1. Yang scarrymommy itu Kayaknya menarik. Tapi bukunya bahasa inggris yaa?

    ReplyDelete