Cintailah Proses

12:16 PM




Ga tau kenapa saya ikut voting "Metamorfosis" untuk tema 1m1c minggu ke 28. Kok berat ya, saya memang tidak pintar merangkai kata atau membuat tulisan opini tentang kehidupan. Hehehe...

Jadi teringat dengan Almarhum Ayah saya yang selalu berkata, "cintailah proses". Saya muda pun suka berkelit, yang penting kan hasilnya bagus. Kebetulan dulu saya termasuk yang mudah mendapat peringkat di kelas waktu sekolah dulu dengan effort minimal. Lalu kapan saya mulai kualat? Di kuliah, karena ternyata banyak sekali orang pintar lainnya di luar sana dan mereka giat! Jadi saya mulai harus berusaha. 

People tend to take everything for granted. If they get it easy. 

Analogi yang mudah untuk emak-emak macam saya adalah. Misalkan kita membeli suatu barang diskonan yang harus rebutan dengan orang lain, pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri jika kita mendapatkan barang tersebut. Semakin besar potongan yang didapat, semakin bangga. Atau misalkan ketika kita bisa mendapatkan pekerjaan setelah bersaing dengan ribuan applikan lain pasti rasanya lebih fulfilling dibandingkan jika kita masuk karena koneksi.

Semakin sulit kita mendapatkan sesuatu, kita akan lebih menghargai hasil yang diperoleh. 

Jadi ada kalanya kalau saya lagi waras dan bertanya kenapa ya kok doa saya tidak dikabulkan. Ya mungkin usahanya masih kurang dan menurutNya belum tepat waktunya. Layaknya metamorfosis kupu-kupu. Sebelum menjadi kepompong, seekor ulat harus mempersiapkan diri dengan banyak makan dan tumbuh sempurna sampai akhirnya harus mencari tempat yang aman dimana dia akan menghabiskan waktu 10-14 hari sebelum akhirnya berubah menjadi kupu-kupu.

Proses ada untuk dilalui dan diambil hikmahnya. Melalui proses kita belajar dan darisananya lah metamorfosis terjadi. Proses yang baik tentunya akan memberikan faedah meskipun hasilnya tidak seperti yang diinginkan. Proses juga lah yang sebenarnya mendatangkan kepuasan bagi diri kita.

Dan hidup ini adalah proses singkat yang akan menentukan bagaimana kita di akhirat. Harus dipersiapkan dengan baik.



Terima kasih sudah membaca coretan aneh dan ga jelas saya ini 😜

You Might Also Like

0 comments

Subscribe