Review: Purbasari Pore Perfecting BB Cushion Caramel dan Honey Beige

10:07 AM

Sepertinya gempuran bb cushion lokal akan terus berlanjut. Setelah makeover yang mengeluarkan bb cushion pada Bulan Ramadhan lalu secara eksklusif di Sociolla (yang masih ada di wishlist saya tapi belum dibeli), sekarang Purbasari ikut meramaikan pasar.

BACA JUGA: Review Pixy Dewy Cushion

Harga Retail: 120.000 (bisa lebih murah di marketplace)
Pilihan Shade: Light Beige, Honey Beige, dan Caramel

review purbasari pore perfecting bb cushion
Penampakan Purbasari Pore Perfecting BB Cushion Caramel

Packaging
Packaging yang digunakan masih khas purbasari produk hydra series, temanya sama dengan packaging lipcreamnya. Kemasan doff hitam dengan tulisan purbasari berwarna gold emboss dan list emas di bagian bawah kotak, sedangkan keterangan lain menggunakan warna putih.


bb cushion purbasari



Komposisi

Dapat dilihat dari komposisi di atas tidak mengandung paraben. Pengawet yang digunakan di cushion ini ada di beberapa bahan kimia yang tertulis paling belakang di komposisinya, seperti Ethylexylglyceryn dan Disodium EDTA sama seperti cushionnya Emina. Produk ini juga mengclaim mengandung perlindungan UVA dan UVB dengan SPF 18 PA+++. Netto produk ini sama dengan cushion pada umumnya yaitu 15 gram.

BACA JUGA: Review Emina Bare With Me Mineral Cushion

Aplikasi dan Coverage

Pada review kali ini, adik saya akan mencoba shade caramel dan saya honey beige.

review cushion purbasari
Perbandingan swatch di tangan, caramel (kiri) dan honey beige (kanan)

Pilihan shade cushion purbasari hanya ada 3, namun dari 1 shade ke shade lain perbedaannya cukup jauh seperti yang bisa dilihat di atas. Kalau kalian punya kulit agak gelap, mungkin Purbasari lebih pas untuk digunakan, karena shade tergelapnya Pixy tidak segelap Purbasari. Senangnya sih mereka warm undertone, jadinya ngga abu-abu dan pas banget sama wanita Indonesia.

review cushion purbasari
Bare face - Half face (kiri saja yang pakai cushion) - Full face application, Shade Caramel

purbasari pore perfecting bb cushion
Si mbok in shade Honey Beige, dari kiri: bare face, half face (kiri saja yang pakai), full face, full face with make up

Mungkin di foto tidak terlalu terlihat, tapi ketika pakai sendiri sebenarnya ini cukup high coverage. Cushion purbasari ini cukup mudah untuk diblendnya. Pada saat pengapplikasian kami memang kurang fokus kepada area kantung mata jadi masih terlihat. Cushion ini sangat buildable dan menutupi pori-pori sekali sesuai dengan klaimnya. It's a tough choice between Pixy or Purbasari comparing their coverage but Purbasari win on this!

Ketahanan

Untuk ketahanan bisa tahan 5-6 jam tanpa touch up, lebih lama lagi kalo di set dengan bedak. Namun menurut saya ketahanan cushion Pixy masih lebih baik. Selain itu, cushion ini cenderung oxidized. 
Namun menurut testimoni adik saya, jika dipakai seharian dari jam 7 pagi sampai 5 sore, bekerja dalam ruangan dan sedang tidak sholat (jadi tidak perlu wudhu), dia cukup awaet dan stay lama tanpa touch up.

Overall? Dari 3 cushion lokal yang saya coba, mungkin peringkatnya Pixy, Purbasari, baru deh Emina. Karena ku ga begitu suka yang terlalu high coverage.

You Might Also Like

2 comments

  1. Perlu juga nih dimasukkan bagian pouch kosmetik. Cukup rapi menutup wajah dan awetnya itu yang bikin pengen. Nice review mba'

    ReplyDelete
  2. aku entah kenapa kalau purbasari ngeluarin produk semangat banget pengen nyoba. tapi sampai sekarang masih mikir-mikir nih perlu beli cushion apa nggak buat ngantor

    ReplyDelete

Subscribe