Kunci Cegah Ruam Popok dan Review Baby Wipes

7:16 AM


DISCLAIMER: This is a non sponsored post. Reviews are made with honesty based on my experience.

Dear mommies,
Setelah pengalaman mengurus newborn 2x, I can firmly say that "cara cebok sangat menentukan dalam mencegah terjadinya ruam popok". 

Dulu pengalaman pas anak pertama, Ammar, saya masih blank banget dalam urusan per-anak-an. Semangat beli ini itu apalagi kalo diskon termasuk baby wipes, buy 1 free 1, angkutttt... Yang tidak saya perhatikan adalah tipe dari baby wipes itu. 

Sekitar 2-3 minggu setelah lahir Ammar mulai terkena ruam popok, huhuhuhu, bermacam-macam jenis popok (terutama yang premium, yah namanya juga ibu baru panikan, maunya yang mahal aja semua agar lebih terjamin) dicoba, ada yang tetap bikin ruam, ada yang setidaknya ruam tidak bertambah.

Ruam Ammar mulai membaik setelah saya berhenti menggunakan baby wipes dan mengganti popok dengan merk yang (menurut saya) paling mahal (Merries yang bungkus putih). Iyahhhh, baby wipes saya menggunakan PARFUM ibu-ibu. Dan setelah cebok dengan baby wipes tidak saya seka lagi dengan tisu kering. BIG MISTAKE!!! Saya mengganti metode cebok (aduh apa ya bahasa lebih halusnya, hehehe) dengan menggunakan kapas bulat yang dibasahi dengan air mineral dan diseka sampai kering dengan tisu kering plus diaper rashnya diobatin pake diaper cream merk Pure. Setelah Ammar beranjak beberapa 3-4 bulan saya mulai menggunakan baby wipes lagi tetapi saya pilih yang air murni dan yang terpenting NON PERFUMED

Percayalah, mencegah lebih baik daripada mengobati (dan lebih murah juga, hehehe). Di kali kedua dengan si adik, Salsa, saya langsung setia dengan kapas bulat yang dibasahi dengan air minum. Yang saya pakai merknya medisoft, harganya kisaran 8.000-9.000 untuk netto 75 gr berisi 120 bola-bola kapas. Ada merk pigeon (pigeon cotton balls) tp harganya 25.000 lebih untuk isi 100 balls saja. 

Safest bet!

Tapi ada kalanya pakai kapas bulat tidak sepraktis pakai baby wipes apalagi buat bersihin pup (walaupun kalau untuk pup, jika memungkinkan saya lebih prefer cebok di keran air langsung, apalagi kalo anak sudah MPASI). Berdasarkan pengalaman yang saya paparkan di atas, inilah kriteria ideal baby wipes yang aman untuk digunakan bayi:



Kali ini saya mau share beberapa baby wipes favorit saya


Harga: Rp 18.000 untuk isi 50 lembar (buy 1get 1, jadi dapat 100)
Yang kusuka
-  Handand Mouth Safe. Kalau buat ngelap tangan dan mulut aja aman means bagus dan aman juga dong buat cebok. Hihihi. Plus lumayan, jadinya engga perlu beli-beli tisu khusus hand and mouth lagi. Dulu saya biasa beli Pigeon Hand and Mouth (harganya 32ribuan untuk 60 lembar).
-  Desain kemasannya paling suka di antara yang lain, hehehe. Elegan gimana gitu.
Kekurangan:
-   Varian yang ini agak susah ditemui, saya belinya di Superindo terus, sudah coba di beberapa supermarket lain tapi gak ada.
-   Not Paraben Free. For me personally, I don’t mind sih.

Neppi Baby Wipes (Non Parfum)
Harga: Rp 15.000 untuk isi 50 lembar (buy 1get 1, jadi dapat 100)
Yang kusuka:
-   Hand and Mouth Safe
-   Murah
Kekurangan:
-  Barupernah nemu online aja di jd.id, blibli.com, dll, belum pernah liat di toko offline biasa.

SweetyNon Perfumed

Harga: Rp 15.000-19.000 untuk isi 80 lembar
Yang kusuka:
-  Cover penutup baby wipesnya bagus gitu, jadi bukan Cuma perekat macam selotip, tapi semacam ada buka tutup. Penutup tissue basah/wet tissue cover nya aja biasanya dijual 20ribuan satunya, nah ini udah include. Permasalahan tutup tissue basah emang sering terjadi, ga sengaja kebuka atau dimainin sama anak, lama ngga ketutup jeng jeng sekemasan kering semua.
Kekurangan: Only for bottom yaa, not handand mouth safe

Nah, ini loh penampakan wet tissue cover 


Selain merk di atas, saya pernah coba yang merk mamy poko. Baby wipes merk mamy poko sendiri ternyata terbagi menjadi yang biasa dan yang premium. Yang premium yang tissuenya extra tebal. Namun semenjak saya menggunakan tissue di atas, saya sudah tidak pernah lagi pakai mamy poko kecuali kalau ada promo. Pernah sih ada promo di Indomaret, tapi cuma untuk yang perfumed.

Mamy Poko Extra Tebal, kalau tidak salah harganya 18.000an untuk 50 lembar

May diaper rash be forever away from our kids. Cheers!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe