Review Shabu Hachi Bogor : Restoran Favorit Keluarga Saya

8:27 PM



Begini ya ceritanya, saya dan suami itu termasuk golongan anti rugi apalagi setelah punya anak, segala pengeluaran harus berfaedah. 

Pernah nyadar ga kalo sekalinya keluar buat makan bisa habis 500 ribu untuk berdua sampai bertiga. Trus baru sampai rumah udah berasa lapar lagi, atau bahkan kadang baru sampai parkiran mall. Saya dan suami sering banget tuh makan sushi, udah pilih minumnya ocha yang gratis, ditahan-tahan milihnya yg benar-benar dipengen aja, eh 350 ribu minimal dengan perut yang masih ga kenyang.

"Kan masih banyak tempat makan lebih murah lagi cum". Yaaa tapi gitu deh, Bapak Azi mah seleranya tinggi, diajak makan Steak Moen Moen aja ngga mau (orang depok/anak kuliahan pasti tau Steak Moen Moen).

Karena ke mureee-an tapi selera tinggi itu lah yang membuat kita hanya punya sedikit tempat favorit untuk makan sampai-sampai tidak sedikit yang suka berkomentar instastory saya "makan disitu muluu". Nah, salah satu tempatnya adalah Shabu Hachi Bogor.

Dimana? Shabu Hachi Bogor terletak di daerah Pajajaran, tepatnya di Jl Pulo Armin no. 75, Baranangsiang (hasil ngegoogling), yah pokoknya ada di google deh. Dari exit tol jagorawi km 40 bogor kota, tinggal belok kiri lurus aja terus, nanti ada di sebelah kiri jalan, sebrangnya Nike Factory Outlet.

Harganya mulai dari 128-348 ribu rupiah tergantung pilihan daging (dari australian reguler sampai wagyu). Harga tersebut belum termasuk pajak dan servis 15%. Terdapat perbedaan 20 ribu antara harga weekday dan weekend. Tambahan biaya untuk bakarannya seharga 25 ribu/orang, tetapi kalau 1 orang mau buka panggangannya untuk yakiniku grill, kena charge untuk semua yang makan bareng, misalnya pergi ber3, nanti kenanya 75.000.

Kalau saya sendiri sih paling sering pilih yang paling murah, australian reguler. Soalnya lebih sering makan yakiniku grillnya dibanding shabu-shabunya. Ilustrasi harga berdua kalau weekend dengan pilihan daging australian reguler plus buka yakiniku grill adalah 400 ribu nett sudah sama tax.

Harga khusus untuk lansia (60 tahun ke atas) serta gratis untuk anak di bawah usia 4 tahun. Harga rombongan berlaku untuk 10 orang ke atas. 


Pertama, sebaiknya reservasi terlebih dahulu H-1. Karena Shabu Hachi hampir selalu ramai terutama di jam makan baik weekend maupun weekday. Kalau weekday biasanya ramai geng ibu-ibu arisan atau pengajian. Untuk reservasi agak banyaj (waktu itu saya ber-9, dikenakan DP 50%).

Datanglah tepat waktu karena waktu makan hanya 2 jam. Waktu 2 jam ini bukan dihitung dari kedatangan ya, tapi perslot waktu, jadi misalnya kita pesan untuk jam 11.00 siang lalu baru datang jam 11.30, mesti selesai jam 13.00 juga. Walaupun tidak strict banget sih asal tidak ramai. Datang lebih dulu pun juga enak karena ruang tunggunya nyaman sekali. 

Front desk dan ruang tunggu lantai bawah

Di ruang tunggu lantai atas disediakan berbagai macam cemilan, ada takoyaki, waffle, dorayaki, sampai kerupuk serta berbagai macam minuman seperti kopi, teh, dan air putih.


Ruang tunggu smoking (kiri) dan non smoking (kanan)

Masih di area yang sama, pihak restoran juga menyediakan arena bermain untuk anak-anak agar tidak bosan. Anak saya mah, malah paling senang main disini. Lumayan ada pelosotan, main dapur-dapuran, kasir-kasiran, kuda-kudaan, dan banyak lagi. Ya tapi jangan bayangin selengkap macam beebeeland atau kidzoona yang emang berbayar, ngelonjak itu namanya, hehehe. Tapi menurut saya sih udah lumayan banget ngebuat anak saya betah dan susah diajak pulang. 

Ruang bermain anak

Selain itu, kita juga boleh menunggu di ruang TV yang super cozy dengan sofanya dan full AC. Untuk ruangan TV dan bermain, makanan dan minuman tidak boleh masuk ya.


Shabu Hachi Bogor ini adalah cabang dengan tempat paling luas. Pada waktu weekend, biasanya mereka membuka tempat tambahan di aula yang prasmanan makanannya ada tersendiri (jadi tidak perlu jauh-jauh ambil ke bagian depan). 

Aula Shabu Hachi Bogor


Tempat makan area aula

Tempat makan area depan

Pilihan minumannya pun juga beragam. Mulai dari ocha, thai tea, infused water, produk nestle (milo, nescafe, dll), sampai es campur. 


Bagi yang bawa anak-anak tapi tidak suka shabu-shabu atau bbq nya, ada bubur ayam, beef dan chicken teriyaki, nasi, chicken pok pok, french fries, kaboocha, dan sebagainya yang bisa diambil. Kalau anak sudah lepas mpasi 1 tahun dan sudah boleh gula-garam, asyik banget lah pokoknya, ga usah bawa makanan lagi.


Buat shabu-shabunya serta yakiniku grillnya juga banyak banget dan lengkap, untuk proteinnya ada sliced beef, udang, ayam, ikan, kerang, bakso, mie-miean, sayur-sayuran dan banyak lagi. Saya termasuk yang ngambilnya daging-daging aja sih (makan protein sebanyak-banyaknya, karbo seminimal mungkin biar ga cepet kenyang dan muat banyak), jadi ga ngeh-ngeh banget. Kalau mau liat menu lengkapnya bisa di http://shabuhachi.com

Prasmanan untuk isian shabu-shabu

Untuk Yakiniku

Untuk makanan pembuka dan penutupnya ada pudding, ice cream (biasanya ada 2-4 rasa, tapi tidak kefoto), takoyaki, buah-buahan seperti semangka dan pepaya, serta salad buah.


Oh iya, semua bahan dan bumbu yang digunakan restoran ini dipastikan halal dan ada sertifikatnya loh. 



Di tengah-tengah restoran ada water fountain yang menyala setiap 15 menit plus tulisan shabu hachi besar dengan background taman yang biasa dijadikan tempat berfoto. Nah water fountainnya boleh banget loh buat main air dan memang disediakan shower room untuk bilas sesudah main, jadi bukannya norak, tapi dipersilahkan. Hihihi. Oh iya mengenai batasan waktu 2 jam tadi, tidak perlu takut kok, kalau untuk main-main boleh di luar itu, yang penting kita "pakai" mejanya hanya 2 jam. 

Taman di tengah restoran dan water fountain serta pengunjung dan anaknya sedang duduk (aka suami dan anak sulung saya)

Shower Room/Ruang Bilas

Di lantai atas yang sama dengan tempat menunggu dan bermain, disediakan nursery room buat menyusui dan ganti popok, lengkap dengan wastafel dan tisu kering. Cukup nyaman lah menurut saya.


Ada ga sih yang kaya saya juga, suka males keluar dekat-dekat maghrib, kalau bisa sudah di rumah. Nah musholanya shabu hachi ini bagus, bersih, harum, dan nyaman loh. Mukenanya bersih dan harum, untuk laki-laki yang mengenakan celana pendek disediakan sarung. Di pojok mushola, tertata rapi Al-quran, yasin, dan al ma'tsurat kalau mau dibaca. Mantap kannn...

mushola shabu hachi

mushola shabu hachi 2

Untuk yang membawa kendaraan pribadi, parkir Shabu Hachi Bogor ini termasuk cukup luas, namun terkadang tidak cukup. Namun jangan khawatir, ada jasa vallet terjangkau, hanya 10 ribu rupiah saja, anda terhindar dari kepusingan mencari parkir.


parkiran shabu hachi

Nah, jujur tempat shabu-shabu atau grill lainnya saya belum pernah kecuali Hanamasa tapi itu sudah lama sekali. Pernah liat shaburi dan kintan buffet tapi cuma menu di luarnya saja untuk cek harga dan tidak lebih murah dari Shabu Hachi. Tetap saja menurut saya lebih murah Shabu Hachi, plus tempatnya lebih enak dan luas karena bukan di Mall. 

Kekurangannya:
  • Ngga ada di depok! Wkwkwk, namanya juga orang mager. 
  • Kalau dapat tempat di aula, mereka slightly understaffed, jadi mau minta refill daging yang buat shabu-shabunya agak lama.
  • Kalau di cabang bogor, capit untuk BBQ ngga default dikasih kaya di cabang Ampera, jadi mesti minta.
  • Dia ada sistem poin untuk dapat merchandise, tapi sistem poin itu hanya dihitung jika dalam rombongan ada yang beli dengan harga kids (karena hadiahnya juga buat anak-anak, macam tempat minum sampai lunch box smiggle). Padahal saya sama suami termasuk sering kesini, kan lumayan yaa, kalau bisa dihitung. 

Btw, maaf ya for poor photo angle, diambil pake hp aja sambil gendong si Salsa, plus jadi susah juga mau panorama, hihihi

Kalau kalian punya rekomendasi tempat makan enak yang worth it (apalagi kalo All You Can Eat dibawah 450ribu buat 2 pax) dan kids friendly juga, mau dong masukannyaaa... 😊

You Might Also Like

5 comments

  1. Baru tauuu kalo shabu hachi kids friendly ya ternyata... di jaksel juga ada shabu hachi kan yaa tapi sama apa ga ya hahaha
    Udah sering diajakin ipar nyobain tapi gatau sih kalo kid friendly gini... jadi referensi ah utk weekend ini thanks for sharing mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di jaksel yang ampera ya mbak? Aku pernah juga kesitu, beda banget, ruang tunggunya ga enak terus langit-langit restorannya rendah, jadi kurang enak. Yang sama menu ama harganya aja hehehe.. Paling bagus yang bogor kayanyaaa (baru nyoba 2 cabang)

      Delete
  2. Waaahhhh seru nih kayaknya buat family gathering tapi ga lama, 2 jam saja. Hihihi ....

    ReplyDelete
  3. Pantesan selalu ramai, ya. Tempatnya juga kelihatan nyaman dan kids friendly

    ReplyDelete
  4. Waaah, sesama orang Depok nih kita mba.. :D Baru banget tadi siang anakku nanyain kapan makan di Shabu Hachi lagi.. Hihi.. Aku sama keluarga pernah beberapa kali makan di yang Jalan Ampera Jakarta.. Anakku doyan banget shabu2nya, apalagi kalo pake segala jenis jamur.. :D Tapi yg di Bogor enak banget ya tempatnya.. Ada tempat main anak sama water fountain-nya segala.. Kalo di Ampera gak ada.. Kapan-kapan jadi pingin nyobain yang di Bogor, aah..

    ReplyDelete

Subscribe