Ide Hadiah Lahiran yang Bermanfaat

1:17 AM


Pic Credit


Holaaa semua,

Mumpung saya lagi ngga ngantuk dan anak-anak lagi pulas tidur, nulis post lagi ahhh... Kali ini saya ingin memberikan daftar ide hadiah untuk orang yang baru melahirkan, terutama untuk yang baru melahirkan anak pertama. Hadiah-hadiah dibawah ini yang saya rasa perlu dan kalau dibeli secara patungan tidak memberatkan. Pas banget kalau belinya barengan buat teman sekantor atau se gank. 

Oh iya, biasanya hadiah-hadiah di bawah ini ada di wishlistnya expectant mothers. Jadi jangan lupa tanya langsung ke orangnya ya kalau-kalau dia sudah ada taksiran atau inceran. Kalau untuk hadiah lahiran sih tidak perlu surprise tidak apa-apa supaya tetap berfaedah hadiah yang digunakan dan tidak berakhir dengan dijual oleh yang nerima kado, "...NEW, EX-KADO"

1. Breast Pump

Ini menurut saya wajib dimiliki oleh seorang ibu baik dia bekerja ataupun tidak. Kalau bekerja, jelas sebagai penyambung antara Ibu dan Anak selama ditinggal bekerja. Kalaupun tidak bekerja, breast pump tetap diperlukan loh (ini yang biasanya orang banyak salah kaprah). Pengalaman anak kedua, saya sudah tidak bekerja, tapi saya tetap memompa karena anak saya penggemar minum satu sisi saja, sisi yang lain dianggurin dan suka bengkak, jadi harus tetap rajin memompa. Belum lagi kalau bayinya ada kemungkinan kuning (biasanya yang suami istri beda golongan darah, istrinya O, udh pasti kalah) karena ibu dan anak beda golongan darah, mesti nginep dulu di inkubator, mau ga mau harus minum asi perah.


Pic Source

Menurut pribadi sih yang paling saya sukai yang dual pump elektrik biar menghemat waktu gitu, apalagi saat bekerja dulu, membantu banget kalau pompanya yang double. Di masa awal kembali bekerja biasanya masih perlu memompa saat di kantor 3x sehari untuk menjaga suplai asi, kebayang kan lamanya kalo pakai satu pompa aja. Kisaran harga pompa elektrik yang single pump biasanya dari 800 ribuan (yang mereknya masih jelas) sedangkan untuk double pump ada di 1,4 juta ke atas.

BACA JUGA: REVIEW: MALISH ILARIA DOUBLE BREASTPUMP 

Tapi kalau mau beli sendiri aja atau yang diajak patungan untuk beli pompa kurang ramai, bisa juga coba beliin silicon breast pump (kisaran harga di bawah 150rb udah dapat yang merk mooimom). Untuk manual yang merk Medela mulai dari 400ribuan juga sudah ada kok.

2. Sterilizer

Menurut saya sih ini perlu dan bisa kepakai seterusnya, kebetulan saya punyanya yang Panasonic Dsterilizer. Jadi dia sekaligus tempat naruh perkakas bayi seperti botol dan peralatan pompa. Menginjak MPASI bisa untuk piring, sendok, dan teman-temannya. Bahkan sekarang sering dipakai neneknya anak-anak untuk sterilin wadah yang ingin dipakai buat bikin yoghurt. Berguna banget dan praktis. Walaupun si sterilizer ini hanya sampai 80 derajat. Pada masa awal-awal (saat anaknya masih dibawah 6 bulan) setelah saya cuci botolnya, biasanya saya bilas dengan air panas, lalu dimasukkan ke Panasonic Dsterile ini sekalian untuk meniriskan airnya). Kisaran harga sterilizer ini adalah 800 ribu rupiah.

Ada juga sterilizer lain yang mahal dan sophisticated serta berguna kalau ibu atau bapak si anak itu juga buka praktek dokter gigi (bisa buat steril alat-alat sampai HP dan mainan), UPang UV Sterilizer. Tapi harganya sampai 3 jutaan. Hehehehehe.


Tapi kalau menurut hemat saya, dunia kan ga steril yak, kalo terlalu lebay semuanya steril sama aja ngebuat anak jadi bubble boy sih?

3. Baby Carrier

Nah, ini menurut saya termasuk baby gear wajib untuk dimiliki. Kenapa? Karena ada anak yang ngga betah di stroller, tapi kalau ngegendong, pasti ada masa bayi harus ta' gendong kemana-mana.

Pilihan paling aman kalau patungannya ramean atau sedivisi, mungkin bisa beliin Ergobaby Carrier yang Original (range harga 2,3 jutaan ke atas). Model ergobaby ini biasanya yang paling disukai dan "aman". Boleh juga cari yang model hipseat carrier nya i-angel yang harganya juga lumayan mahal, tapi kalau model hipseat masih banyak pro kontra tentang keamanannya.

Personal Opinion: Ergobaby tetap yang terenak


Untuk yang ga patungan, pilihan teraman adalah GEOS alias Gendongan Kaos. Yakin deh kepake, soalnya mamah zaman now jarang yang bisa pakai jarik. Harga geos sendiri cukup terjangkau mulai dari 75 ribu - 150 ribu.

4. Stroller



Stroller juga termasuk salah satu yang lebih baik ditanyakan langsung jikalau yang diberi hadiah sudah punya taksiran. Pertimbangan memilih stroller itu banyak dan berbeda-beda setiap orangnya. Beberapa pertimbangan seperti:
  • Posisi dudukan stroller, bisa full recline (rebahan) atau tidak
  • Bisa forward dan rear facing atau tidak
  • Berat stroller (termasuk paling utama)
  • Ketahanan (dinilai dari kemampuan melewati medan, bisa melewati jalan agak bergelombang atau cocoknya untuk jalan mulus seperti lantai mall)
  • Bisa dilipat dengan hanya menggunakan 1 tangan atau tidak
  • Bisa masuk kabin pesawat atau tidak
  • Dan lain sebagainya
Tuh panjang kan pertimbangannya, jadi sebenarnya lebih enak tanya langsung biar beneran kepakai. Kalau taksiran saya sih stroler-strolernya Aprica yang ringan, bisa front and rear facing, bisa fully recline, bisa dilipat hanya dengan satu tangan. Ehhh, tapi saya udah ada dua stroller hehhehe.

5. Hadiah untuk Ibunya

Biasanya orang sering banget terfokus sama hadiah buat bayinya, nah sekali-kali inget ibunya dong (yang udah susah-susah lahirin dan ngurus anak, loh kok jadi curhat~). This is also a very nice gesture show that you care about her. Berikut ide hadiah untuk ibu yang bagus menurut saya:

  • Baju dengan akses menyusui (lebih spesial lagi kalo akses menyusuinya memang bukaan kanan kiri, bukan sekedar resleting depan, tapi kalo lucu, gapapa juga sihh hihihi). Untuk yang agak premium ada Nyonya Nursing Wear, menengah ada Simply Store, yang banyak kasual dan kaos-kaosan ada Mamigaya.
  • Nursing apron, ini bakal kepakai banget terutama buat ibu menyusui yang tidak memakai kerudung atau kerudungnya pendek (soalnya saya jadi syar'i sekarang gara-gara menyusui dan males bawa apron *lohhh, niatnya ga bener). Nah bisa juga kasih hadiah bergo/jilbab instan yang panjang, biasanya awal-awal sangat berguna dan sering dipakai, karena praktis dan menutupi kalau sedang menyusui.
  • Lipstik, a little lipstick never hurts. Lumayan ngebantu mood juga loh apalagi awal-awal menjadi ibu biasanya lumayan berat. Engga mesti lipstik sih, coba pikirin kira-kira apa skin care yang diperlukan atau make up yang disukai si ibu.

Semoga bermanfaat! ๐จพ






You Might Also Like

6 comments

  1. Kalau kata temanku, hadiah yang paling bikin dia bahagia adalah daster. Hahaha... maklum anak pertama, dan jarang pake daster waktu gadis, jadinya dia seneng banget pas dapet daster. Untuk teman berikutnya yang lahiran, ide-ide di atas bisa banget nih. Mengingat ada juga teman yang udah sedia breast pump sebelum lahiran, kayaknya sterilizer bisa jadi pilihan deh...

    thanks for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sterilizer lumayan berguna apalagi untuk ibu bekerja, biar bisa langsung ditinggal tidur, hehehehe... heuu, daster berguna bangett emanggg, karena kenyamanan nomor satuuu... resmi sudah jadi ibu-ibunya :p

      Delete
  2. Bener.. breast pump tidak hanya berguna untuk ibu bekerja, tapi kadang ibu hamil sudah mempersiapkannya, mungkin ibu tidak bekerja yang mempunyai anak pertama sih yang belum begitu paham(pengalaman saya lahiran anaknpertama).

    Untuk sterilizer sepertinya tidak semua merasa perlu, contohnya saya ๐Ÿ˜.
    Pernah lihat sterilizer UPank di bandara Soeta terminal 3 kedatangan di ruangan menyusui, keren...

    Gendongan model Ergobaby ada yang lokal dan nyaman dipakai serta harganya terjangkau, saya pakai Cuddle Me. Kalau di rumah saya pakai yang ring sling, nyaman dipanjang pendekkan, soalnya geos itu modelnya sudah dijahit, takut kepanjangan atau kependekan. Saya cepat turun berat badan setelah lahiran.

    Kalau stroller sepertinya mesti nanya dulu ya...

    Untuk daster bener banget, banyak yang menyarankan ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbakkk aku juga liat si uPang di nursery roomnya soetta terminal 3, tadinya mau iseng-iseng masukin HP buat disterilin, katanya bisa.. tapi takut udik nanti malah rusak, wkwkwk

      Delete
  3. Waaaahhh hadiah buat ibunya ya. Bisa jadi pertimbangan nih.

    ReplyDelete

Subscribe