5 Rekomendasi Tempat Makan di Cirebon

2:56 PM


Day 7 dan dibuat pada Day 8... Hadeuhhhh, akhir-akhir ini sukses ikutan ketiduran mulu juga pas nidurin anak-anak. 

Sudah setengah tahun saya mulai bisa dikatakan menetap di Cirebon, tempat suami bekerja. Sebelumnya saya hanya berkunjung dan tidak lebih lama dari seminggu. Tema tulisan hari ke-7 ini membuat saya sadar bahwa sebenarnya saya tidak banyak jajan, hihihi... Dan saya termasuk jarang memfoto makanan yang saya makan. Lah wong makannya aja biasanya cepat-cepat biar gantian sama suami dan sambil nyuapin si kecil, hehehe. Oleh karena itu beberapa foto yang ada disini bukanlah milik saya namun akan saya tampilkan sumbernya.

Baiklahh, berikut beberapa rekomendasi tempat makan di Cirebon yang patut anda coba kalau sedang bertandang ke sini.

1. Nasi Jamblang Bu Nur

Alamat: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123

Alasan: Kuliner khas yang satu ini sudah pasti tidak pernah dilewatkan oleh para pelancong yang datang ke Cirebon. Nasi Jamblang sebenarnya adalah nasi putih biasa, yang membuatnya spesial adalah dibungkus dengan Daun Jati. Seperti layaknya nasi padang kalau dibungkus daun pisang, rasanya jadi lebih mantap, ya gak? Konsep tempat makan ini prasmanan, menu yang disajikannya nasi jamblang dengan lebih dari 20 jenis lauk pauk.

Nasi Jamblang Ibu Nur. Photo by Vari The Travelling Cow via Google

Menu Favorit: Kalau suami saya paling suka tempe gorengnya, bukan yang tipis gitu, dipotong seperti balok tapi crunchy dan kedelainya bisa buyar 1-1. Menurut saya memang beda sih. Sedangkan menu favorit saya sih, perkedel goreng keringnya (ada yang basah juga).

Kids Friendliness: Kursi dan meja di tempat makan ini hampir sejajar tapi tidak lesehan, jadi untuk yang tinggi mungkin agak membungkuk. Untuk baby chair tidak disediakan, selain memang rasanya tempat terbatas kalau ada baby chair, jadi yang bawa anak kecil harus lebih ekstra meganginnya. Sebenarnya ada ruangan berAC, namun saya belum pernah coba karena setiap kesana ruangannya kosong, jadi segan. Tidak tersedia tempat lesehan.

Biaya: Kurang lebih 100ribu untuk 2 orang, biasanya sih habisnya 90ribuan, suami saya ambil lauknya banyak dan anak saya selalu pesan jus mangga.

Photo by Erik Steevan via Google

2. Empal Gentong H. Apud

Alamat: Jl. Tuparev no 34B, Jl. Ir H Juanda no. 24 (Plered), dan satu lagi di kawasan Batik Trusmi

Alasan: Empal Gentong H. Apud adalah salah satu yang paling terkenal di Cirebon dan sudah memiliki tiga cabang di Cirebon. Banyak juga rumah makan empal gentong lain yang reklamenya menggunakan gaya, font dan warna yang sama dengan H. Apud untuk mengelabui pelanggan (walaupun sebenarnya, rasanya belum tentu kalah). Daging di Empal Gentongnya memang empuk, bumbunya pun memang kaya. Selain empal gentong, ada juga empal asem yang tidak kalah enak. Bedanya dengan empal gentong, empal asem tidak bersantan dan rasanya lebih segar. Empal Gentong H. Apud sendiri sudah ada kemasan kalengnya loh supaya mudah dibawa pulang atau bahkan dibekal untuk yang mau merantau ke luar negeri. Bisa jastip ke saya (klik link pada gambar), hahahha...

Ada yang versi bumbu ada yang versi ready-to-eat
Menu Favorit: Suami saya tentunya Empal Gentong plus Sate Kambingnya sedangkan saya #TimEmpalAsem

Kids Friendliness: Nah, ini yang paling ku tidak suka dari H. Apud (cabang Tuparev), kalau sedang ramai cukup panas, dan asap dari bakar sate masuk semua ke dalam ruangan restoran, jadi kasian sama anak kecil atau bayi yang kesini :( Meja dan kursinya seperti rumah makan pada umumnya (kursinya ada senderannya) dan tidak ada tempat lesehan.

Biaya: 2 Porsi Empal, Minum, Sate Kambing biasanya habis sekitar 100-120ribu rupiah

3. Empal Gentong Krucuk

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121

Photo was taken from here

Alasan: Waktu itu iseng nyobain ke empal gentong ini, dan pas dicoba, ternyata enak juga. Selain itu dekat dengan tempat tinggal saya.

Menu Favorit: Kalau saya sih Tim Empal Asem, kalau suami suka empal gentongnya, dan sate kambingnya paling enak (walaupun pernah juga rada miss, untung-untungan). Es duren spesialnya juga enak.

Sate di Empal Gentong Krucuk. Photo by Stanovic via Google

Kids Friendliness: Tempat makan ini tidak menyediakan lesehan ataupun baby chair. Sekarang sih lagi ada renovasi pelebaran restoran. Tempat duduknya tidak ada senderan, tinggi meja standar (ulasan yang aneh ya, hahaha.. soalnya kalau di nasi jamblang bu nur, mejanya pendek banget sih). Tempat makannya tersedia 2 lantai, di lantai atas lebih nyaman dan bebas asap.

Biaya: mulai dari 35ribu seorang dapat 1 porsi empal gentong/empal asem plus nasi dan minumnya belum ditambah menu lainnya.

4. Ayam Goreng Bahagia

Alamat: Jl. Bahagia No.71, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112

Ayam Goreng Bahagia. Photo oleh Leo Tedianto via Google
Alasan: Menu untuk rumah makan ayam lumayan lengkap ada ati ampela, kol goreng, sayur asem, dan lain-lain. Tapi jenis ayamnya mah ayam goreng aja. Ayam goreng bahagia termasuk tempat makan yang sering direkomendasikan di Cirebon.

Menu Favorit: Apalagi kalo bukan ayam gorengnya :)

Photo by Nafriman Nazir via Google
Kids Friendliness: Ada tempat lesehan dan kolam kura-kura. Plus dekat dengan toko mainan murah. Anak saya sih sukaaa

Biaya: Harga 1 ekor ayam kampung paha 19ribu (dada 27 ribu), nasi 5ribu, minum es teh tawar 2ribu, jadi kurang lebih minimal 30ribu per orang. Menu paket hanya tersedia untuk yang dibungkus. Pembelian ayam 1 ekor tidak disarankan karena perlu waktu 1 jam (pelayannya sendiri pun seperti tidak menyarankan, bilangnya ayamnya super fresh, jadi masih hidup, harus dipotong dulu, dikuliti dulu... engga tau ini bercanda atau gimana. Tapi mukanya pas ngomong sih lempeng-lempeng aja.

5. Ayam Goreng Mekarsari

Alamat: Jl. Raya Sunan Gn. Jati No.7A, Jadimulya, Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat 45151

Photo by Suami
Alasan: Dikenalkan oleh suami, dia bilang bossnya setiap ke Cirebon ngajak makannya disini, sampai dibungkus buat dibawa ke Jakarta. Pas dicobain emang enak dan akhirnya saya juga suka bawa ini jadi oleh-oleh kalau pulang ke Depok. Untuk kelengkapan menu lainnya masih kalah sama ayam goreng bahagia. Tapi letaknya sejalan dengan kantor suami, jadi terkadang dia suka bawa ayam goreng ini untuk dimakan di rumah.

Menu Favorit: Ayam Gorengnya finger licking good... bone licking good... sampai bersih deh kalau makan ayam ini tuhhh. Ditambah sambal dadaknya yang enak, biasanya saya jadi nambah nasi banyak. Hikss

Kids Friendliness: Standar tempat makan, tidak ada lesehannya. 

Photo by Suami
Biaya: Untuk harga menurut saya beda tipis namun lebih murah dari Ayam Bahagia. Untuk 1 potong ayam, nasi, dan es teh manis sekitar 30ribu.

BONUS

6. Nasi Lengko H. Barno

Alamat: Jalan Pagongan No.15B, Pekiringan, Kesambi, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131

Nasi Lengko H. Barno. Photo by Rafid Fikri via Google
Alasan: Kenapa ini masuk bonus? Karena jujur ini bukan tipe makanan yang saya sukai namun salah satu kuliner khas Cirebon, jadi saya keluarkan dari 5 besar, hehehe... Kenapa? Karena ini makanan cocok untuk yang vegan, isinya nasi dengan sayuran toge dan ketimun, ditambah potongan tahu kecil-kecil dan sambal kacang. Ga ada protein hewaninya 😂 Tapi biarpun begitu, toko ini menjual sate kambing juga yg bisa dijadikan pelengkap bersantap kamu. Bosen ya, daritadi tempat makannya ada sate kambingnya. Soalnya itu yang dicari suami saya, hehehe...

Nasi Lengko. Photo by Reza Mauludy via Google
Menu Favorit: Suami saya sih sudah tentu nasi lengko+sate kambing, kalau saya nasi lengko biasanya hanya habis setengah piring dimakan beserta kerupuk putih biar lebih nendang rasanya.

Kids Friendliness: Tidak ada tempat lesehan dan tempatnya menurut saya entah kenapa rada suram dan gelap.

Biaya: 80 ribu berdua (karena nambah sate kambing).

Sekian review tempat makan di Cirebon. Semoga seiring waktu perbendaharaan makanan saya nambah dan bisa nemuin hidden gemnya Cirebon, bukan yang sudah mainstreamnya saja. Hehehehe

You Might Also Like

4 comments

  1. Namanya unik, ayam goreng bahagia. Tapi kok kalau beli satu nunggunya sejam huhuhu. Ini tempat makannya masih ramah kantong semua ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa itu aneh banget sih mbak... kalau mau beli yang seekor utuh nunggunya sejam, padahal kan jatuhnya lebih murah daripada per potong. Jadi secara ga langsung dia maksanya kita beli per potong aja, hihihi

      Delete
  2. Wah.... jadi pengen mampir di cirebon nih nyobain empal genyong. Slurrp.

    ReplyDelete

Subscribe