Gabung Komunitas Blogger? Penting Ga Sih?

9:37 AM


Day 4 of BPN 30 Day Blog Challenge - Kenapa Bergabung di Blogger Perempuan Network (BPN)?

Kyaaaa tuh kan ketiduran, udah ngedraft lewat HP, terus rencana mau bangun malam setelah anak-anak tidur, eh malah bablas udah ganti hari. Gapapa lahh yaaa... Di Amerika masih tanggal 23 November kok, hehehhe.

Pertama kali tahu tentang Komunitas Blogger Perempuan adalah saat saya menyadari bahwa banyak blog yang saya kunjungi memasang banner Blogger Perempuan ini. Alasan awalnya simpel, perlu identitas hihihi. Saya anaknya suka "nge-gank", kalau ga gabung dimana kayanya kurang afdol. Fear of Missing Out Syndrome, hehehe. Dengan kata lain, perlu identitas!

Salah satu hal yang paling saya sukai dari Blogger Perempuan yang berbeda dibandingkan dengan komunitas lain adalah grup Facebooknya yang teratur. Setiap harinya admin grup, Mbak Alaika Fithria, biasanya akan mempost 1 foto sebagai pembuka postingan untuk tema blog yang sudah ditentukan setiap harinya. Para anggota boleh memberikan link blog yang sesuai dengan tema di dalam kolom komentar. Terkadang saya ikut meramaikan, terkadang hanya blogwalking saja judul-judul yang menarik. Tak jarang pula saya "menyangkut" pada blog yang sama tanpa sadar terlebih dahulu siapa yang menulisnya. Akhirnya saya jadi sering mengunjungi blog itu (Eitsss itu mah tema blog challenge buat hari ke-9 ya). Contohnya seperti di bawah ini


Jadi semacam ada katalog artikel blog untuk dibaca. Topik yang paling sering saya baca sih lumayan banyak seperti Fashion and Beauty di hari Senin (kalau yang ini saya lebih sering jadi pembaca daripada nitip link), Blogging dan Social Media di hari Rabu, serta Friendship, Family, Parenting, Health and Love di hari Kamis. 

BACA JUGA: Makeup Emak Rempong dalam 3 Menit (1-1nya Artikel Beauty saya, hihihi. Walaupun setiap nyobain skincare baru mah suka saya foto supaya siapa tau bakalan ada mood buat nulisinnya)


Dan ternyata dengan bergabung dengan komunitas blogger perempuan banyak manfaatnya loh.

  • Nambah teman - Biasanya kalau habis ngetag bloggerperempuan di media sosial terutama Instagram, bakal ada follower baru yang minta folback. Setelah itu lama kelamaan jadi sering liat kesehariannya dari Instastory dan juga tulisan-tulisannya dari post di Instagram feednya. Lama kelamaan akhirnya seperti menjadi teman saja. 
  • Belajar dan studi banding gaya tulisan orang lain - Lewat blogwalking, saya jadi tau bagaimana tulisan yang bagus dan berkualitas (kalau saya mah masih jauh yaa). Oh iya ga jarang saya menemukan Ibu Rumah Tangga yang blognya produktif banget padahal anaknya lebih banyak dari saya. Hal ini semacam bikin motivasi loh.
  • Memperkaya wawasan - BPN suka membahas topik-topik terkait blogging, mulai dari strategi SEO, software yang dapat digunakan dan membantu dalam menciptakan content, dan lain-lain. Hal-hal seperti ini juga sering saya dapatkan dari tulisan-tulisan blogger lain yang bergabung di BPN. Kadang jadi minder sendiri, pada keren-keren banget euy dan tak jarang yang sudah menjadi mata pencaharian lewat blogger.
  • Event Blogger Gathering pertama saya ya dari BPN ini loh. Biasanya saya kalau daftar untuk mengikuti suatu event untuk blogger sering ga kebagian salah satunya karena mungkin masih pemula banget serta DA/PA saya masih rendah. Ehhhh tapi kemarin saya masih dikasih kepercayaan untuk ikutan acara talkshow tentang parenting di dunia digital. Lumayan nambah pengetahuan secara gratis (dan dapet uang transport juga, hihihi... Ga nyangka sih, norce banget yaa saya)
  • BPN juga menyediakan program partnership dengan syarat mempunyai follower min. 500 di IG dan Twitter. Karena twitter saya kurang hidup dan yang aktif pun 4L (Lo Lagi Lo Lagi), jadi saya tidak memenuhi persyaratan ini. Usul dong BPN, syaratnya Instagram ajaa, hehehe.
BACA JUGA: Blogger Gathering Pertama Saya di SIS Bonavista
Terima kasih ya BPN untuk kesempatan belajarnya :)


You Might Also Like

3 comments

  1. Intinya jadi member BPN ini gak ada ruginya ya mba....banyak sekali manfaat dan keuntungannya. Salam kenal mba

    ReplyDelete
  2. Hai Mba Sumayyah, apa kabar? Kita sudah follow2an IG sebelum ini ya.. Mksh byk, tambah lg nih teman dunia maya yg tinggalnya malah di Amerika.. Alasan kita gabung di BPN mirip2 ya, yg intinya menjadi wadah bagi kita para Blogger untuk makin berkembang.. Salam hangat dari Palembang..

    ReplyDelete
  3. Tulisannya mengalir bangett.. betah bacanya Mbak.. sukses bt BPN, sukses buat kita yak.. Hhe.. 😁

    ReplyDelete

Subscribe