10 Instagram Wajib Follow Untuk Ibu-Ibu

9:48 AM

Akhirnya sampai juga kita di hari ke-15 BPN 30 Day Challenge 2018! Tema hari ini adalah 10 Akun Instagram Favorit. Saya termasuk yang tidak follow banyak akun populer seperti artis, selebram, atau influencer terutama yang sosialita bingitt hidupnya. Jadi berikut akun instagram yang worth to follow banget buat ibu-ibu.

Kalau sedang butuh inspirasi permainan untuk anak-anak dengan hal-hal simpel yang ada di sekitar kita bisa cek akun berikut. Saya sih suka liatnya, yang penting "save" dulu.

1. Sergei Urban (@thedadlab)

Sebenarnya saya kurang tau latar belakang sergei urban. Apakah stay-at-home-dad atau ayah yang hobi mengajak anaknya bermain. Akun @thedadlab aktif membagikan DIY permainan untuk anak, baik yang melatih motorik sampai yang sifatnya percobaan sains. Saat tulisan ini dibuat, akun ini sudah memiliki 802 ribu follower. Thedadlab sendiri sudah menerbitkan satu buku kompilasi DIY yang dibuat selama ini. 


2. Chai's Play (@chaisplay)

Awalnya saya lebih dulu mengetahui applikasi chai's play yang isinya kumpulan ide permainan untuk anak menggunakan barang-barang disekitar kita. Mencari permainan yang cocok untuk anak pun tidak sulit karena pada applikasi chai's play, permainan dikelompokkan berdasarkan umur anak. 

Sampai pada suatu hari, chai's play muncul di halaman explorer instagram saya. Kontennya menarik, banyak tips-tips yang diberikan, terkadang komik lucu cerita singkat kehidupan ibu, serta repost video dari orang-orang yang mempraktekkan permainan dari chai's play.


3. Indonesia Islamic Montessori Community (@islamicmontessori_)

Sejenis dengan 2 akun sebelumnya, Indonesia Islamic Montessori Community (IIMC) juga sering membagikan tips parenting dan ide kegiatan bersama anak. Namun menggunakan pendekatan montessori ditambah dengan nilai islami.


Butuh ilmu seputar tips untuk menghadapi masalah yang sering dihadapi oleh ibu-ibu mulai dari parenting hingga keluarga? Bisa cek akun berikut

4. Ibupedia.com (@ibupedia)

Instagram Ibupedia sangatlah aktif dalam memberikan tips yang merupakan perpanjangan dari website ibupedia.com. Akun ini tertata rapih sekali. Post instagramnya dipenuhi dengan infografis yang biasanya bisa digeser. Sedangkan highlight story nya pun lengkap berbagai macam topik mulai dari menyusui sampai dengan TTC (trying to conceive).

5. The Urban Mama (@the_urbanmama)

Akun ini adalah milik website theurbanmama.com yang merupakan salah satu pionir forum diskusi online untuk para ibu. Baru-baru ini akun theurbanmama makin populer dengan template storynya yang diisi ratusan hingga ribuan orang. Templatenya berisi tentang survey biaya melahirkan dan pendidikan anak. Yang mau survey, bisa cek highlight mereka. 

Salah satu akun penulis buku anak yang sering banget share hal-hal berguna, yaitu


6. Amalia Kartika (@loveshugah)

Ada yang familiar dengan buku anak "Allah Selalu Ada Untukku", atau "ABC Indonesiaku"? Saya sering liat di grup jastip bbw yang menjadikan buku-buku Amalia Kartika sebagai wishlist. Buku-bukunya self publish dan belum diterbitkan masal sehingga kecil kemungkinan ada di BBW. Mbak Amalia Kartika juga aktif sharing tentang banyak hal, mulai dari free printables sampai rangkuman yang dibuat cantik nan sistematis dari kajian yang baru diikutinya.


Biar kita para "menteri keuangan" lebih melek tentang finansial, bisa follow akun ini

7. Zap Finance (@zapfinance)

Sebenarnya ini bukan satu-satunya akun konsultan finansial yang saya follow, namun untuk ibu-ibu, zapfinance lebih sesuai. Kenapa? Karena zapfinance fokus untuk memberi edukasi tentang pengaturan keuangan terutama rumah tangga. Maksimalkan yang ada. Sedangkan akun yang satu lagi saya follow suka buat galau pengen balik kerja kantoran lagi biar kaya juga wkwkwkwk... 


Nah ini dia, saat sudah lelah dengan mompetition ataupun mom mom lain yang nampaknya ideal sekali, berikut akun yang saya suka banget karena realistis dan relatable.

8. Kristina Kuzmic (@kristinakuzmic)

Awal tau kristina kuzmic dari video "little things" di facebook yang sering di share orang. Kristina sering memparodikan hal-hal terkait motherhood dan juga suka berbagi pemikirannya untuk tidak melakukan mom shaming, mom war, mompetition, dan lain-lain. 

9. Ummu Balqis(@ummubalqis.blog)

Ummu Balqis termasuk akun yang saya follow belum lama ini. Awalnya karena ada teman yang mengquote beliau. Lalu saya baru sadar ternyata saya pernah dihadiahkan buku "Bukan Ibu Biasa" oleh ibu mertua yang rupanya ditulis oleh ummu balqis. Jangan jiper dulu sama nama "ummu" nya.. Walaupun memang sarat muatan agama, tetapi masih realistis layaknya emak-emak biasa kok. Hehhehe


Katanya sih kunci kebahagiaan pria ada di perutnya. Ya mungkin bisa liat-liat resep makanan di akun ini. Hihihii

10. Endang Indriani (@justtryandtaste)

 Oke, pengakuan dosa dulu. Aku suka follow, suka save postnya, tapi belum dipraktekin. Hahahaha... Niat sudah diitung lah ya. Yang saya suka dari akun ini adalah selalu menyertakan foto step by step dari resep masakan yang dibuat, tidak hanya foto jadinya saja.

Sekian list akun instagram yang postnya paling sering saya save, screenshoot, atau bagikan di instastory saya. Dengan follow akun yang berfaedah serta mengedukasi, kesehatan jiwa kita akan lebih terjaga. Hindari follow akun-akun yang membuat kita jadi tidak bersyukur dan mengeluh, hehehhe #notetomyself

Adakah yang sudah kamu follow?

You Might Also Like

2 comments

  1. Mau tambah mbak, Retnohening dan kummelissa ♡♡

    ReplyDelete
  2. wah keren-keren nih list instagramnya, jadi tambahan referensi buat saya. makasih sudah sharing ya mbak

    ReplyDelete

Subscribe