Mau Jadi Blogger Model Apa?

2:28 PM


Day 22 of 30 Day Blog Challengenya BPN (Blogger Perempuan Network), 8 hari lagi beibehhhh... Aku mulai ketinggalan 2-3 post nih, hikss... Ditambah ada 12.12, ya sudah aja deh, banyak distraksi untuk memperebutkan barang-barang diskonan... Tunggu list rekomendasi situs belanja untuk Day 28 yaa.

Tema hari ke 22 ini adalah memilih yang mana, menjadi blogger part-time atau full time. 

Full-time tentu saja tidak memungkinkan bagi saya, sepertinya part-time yang lebih cocok. Tapi terlepas dari itu, ketika dilabeli full time atau part time, apakah itu berarti blogger yang sudah berpenghasilan dari blognya? 

Saya sendiri belum sampai 6 bulan membeli domain nama untuk blog saya dan belum pernah mendapatkan job review karena memang nilai DA dan PA saya yang belum tinggi serta kurang aktifnya saya di twitter. Ada beberapa syarat yang biasanya diberikan untuk ikut dalam kemitraan jaringan blogger seperti jumlah follower di twitter dan instagram, serta nilai DA dan PA (min. 15). Tak jarang banyak blogger yang memiliki lebih dari satu akun di platform media sosial tersebut, satu untuk kepentingan blognya, satu untuk pribadi. 

Saya sendiri sebenarnya menulis blog karena saya perlu tempat untuk mencurahkan pikiran. Selain itu ketika seseorang merasa bahwa apa yang kita tulis itu bermanfaat akan mendatangkan kepuasan batin tersendir untuk saya. Memang ketika membuka blog saya akan muncul iklan-iklan karena saya memasang Google Adsense, tapi pendapatannya hanya 500 rupiah per hari, hihihi. Jadi ya bisa dibilang saya memang masih jauh jika dikatakan menjadikan blogger sebagai profesi.

Bagaimana pun ke depannya, saya ingin selalu menulis apa yang memang menjadi pendapat saya. Saya ingin review saya tetap jujur dan bukan titipan. Saya ingin tulisan saya tidak kehilangan nyawa dan identitasnya. *naonnn sihh* Karena sering kali saya mendapati diri saya jadi kurang tertarik membaca tulisan jika itu sponsored post (ada yang merasakan hal yang sama). Menurut saya hal itu sah-sah saja, walaupun blogger sudah menuliskan bahwa artikel tersebut sponsored post, namun dari kacamata saya sebagai pembaca, hal itu dapat mempengaruhi kejujuran pendapat kita terhadap suatu produk (walaupun sebenarnya mungkin saja pendapat atau reviewnya memang jujur). Jadi ya kalo saya mah, maunya dapat gratisan tapi ga mau didikte gitu mesti nulis apa, hehehee :p

Apapun itu, full time ataupun part time, semoga kita menjadi blogger yang membawa manfaat bagi orang lain ya :)

You Might Also Like

0 comments

Subscribe