5 Channel Youtube Berfaedah Versi Saya

2:19 PM



Zaman sekarang, siapa sih yang ga pernah nonton youtube? Jika selama pada masa hidupnya pernah bersinggungan dengan internet, setidaknya pasti pernah nonton youtube. Saya sendiri hampir tidak pernah lagi menonton TV, lebih sering nonton youtube. Toh kalau ada yang seru di TV dan saya terlewat pasti akan ada yang upload di youtube. 

Coba deh ke http://www.everysecond.io/youtube untuk liat seiring waktu ada berapa lama jumlah video yang diupload dan ditonton tiap detiknya.

Ini hanya selama saya nyari snipping tool di laptop, hehhehe
Dahsyat sekali bukannn... Sebenarnya salah-salah, mungkin kita banyak menyia-nyiakan waktu untuk nonton yang ga penting di youtube (okay sum, jangan nuduh orang lain kalo sebenernya itu diri sendiri, hahahaa). Setelah mengubek apa saja channel yang saya subscribe, berikut 5 yang menurut saya cukup berfaedah untuk ditonton.

1. Kristina Kuzmic

https://www.youtube.com/user/stickycook

Ini ibu-ibu paling favorit saya di youtube yang saya masukkan juga ke daftar Instagram yang harus difollow. Kristina Kuzmic populer lebih dulu melalui video-video pendeknya tentang realita motherhood lewat akun The Little Things. And no, judging is the very least thing she does. Kebanyakan video kristina adalah untuk menyemagati ibu-ibu dan mengingatkan bahwa, it's ok not to be perfect. 


2. Mayim Bialik

https://www.youtube.com/channel/UCTOocPnDh2YQZZwh86K2OxA

Ngerasa muka ini familiar? Yup, She's Amy in The Big Bang Theory! Cewe aneh yang bisa menaklukkan Sheldon. In real life, she's so different. Well not too different because she really holds a phD degree in neuro science just like her role in the series, how crazy (-ily awesome) is that! Dan saat saya tonton videonya, saya lebih kaget lagi bahwa anak-anaknya homeschool dan dia potty training anaknya sedari bayi. Ga cuma itu, mayim juga sharing tentang bagaimana mengasuh anak bersama walau sudah bercerai sampai tips untuk mengurangi ketergantungan terhadap gadget. Ditambah lagi, Mayim Bialik juga ternyata konselor laktasi dan udah nulis banyak buku parenting loh. Ga paham lagi sih, orang ini kok hebat bangettt... Say no more, subscribe her!

3. Buzzfeed Video


https://www.youtube.com/user/BuzzFeedVideo

Ini dia salah satu channel dengan subscriber terbanyak dan paling produktif. Iya, buzzfeed mah sudah jadi perusahaan media tersendiri memang. Setiap creative di buzzfeed bertugas membuat 2 video setiap minggunya maka tak heran setiap berapa jam sekali ada video baru di buzzfeed. Buzzfeed sendiri memiliki 3 channel yang berbeda, yang pertama Buzzfeedvideo (berwarna merah), Buzzfeed Yellow (fun, inspiring, and interesting video), Buzzfeed Blue (pengetahuan dunia, tips, hack), Buzzfeed Violet (short and relatable video, yang awkward moment di kehidupan nyata), Buzzfeed Central (isinya berita dan dokumenter, misal fakta tentang politician, dll), dan Buzzfeed Pop (segala yang berkaitan dengan pop culture). 

Jadi intinya, buzzfeed punya video untuk semua orang. Cobain aja buka dan liat video-videonya, pasti setidaknya ada beberapa video dengan judul menarik yang membuat ingin membukanya.

4. Nussa Official

https://www.youtube.com/channel/UCV2jNjJEtO0Hr3b1Es3xPJg
Belum ada 2 bulan, nussa official sudah punya hampir 900ribu subscriber! Setiap upload video 2-3 hari sekali, selalu masuk trending indonesia akhir-akhir ini. Akhirnya list trending video di Indonesia ada yang positif dan berfaedah selain gosip dan teman-temannya. Nussa official ini memproduksi film kartun pendek anak-anak yang syarat dengan nilai-nilai islami dan sunnahnya. Animasinya bagus walau belum panjang dan sekompleks Upin dan Ipin tetapi cukup menyegarkan mata untuk alternatif kartun berbahasa Indonesia. Isinya tentang 2 kakak beradik, Nussa dan Rara, dan potongan-potongan keseharian mereka. Jujur waktu nonton pertama kali tentang adab sebelum tidur, saya masih belum paham kalau ternyata sunnahnya seperti itu. Ehhhh ternyata nussa official bikinin video penjelasan selanjutnya yang diberikan oleh Ustadz ternama. Jadi ga bingung lagi deh kita sebagai orang tua kalau mau jelasin ke anak esensi dari sunnah yang dicontohkan Nussa dan Rara. 


5. The School of Life


https://www.youtube.com/user/schooloflifechannel

Okay dari semua channel, yang ini memang agak perlu dicerna untuk ditonton tapi ga seberat itu juga sih. Channel ini membahas tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering terpikirkan mengenai love, relationship, self help, sampai filosofi. Contoh-contoh videonya seperti "kenapa ada negara yang kaya dan miskin", "gimana supaya kita ga jadi orang yang membosankan", sampai "alasan gimana supaya move on". You'll find interesting insights in this channel.


DAN TAUKAH KALIAN APA YANG TERPENTING DARI VIDEO-VIDEO DI ATAS? *Ga nyantai banget dah pake capslock plus bold. Semua video-video di channel tersebut ada Closed Captionnya (kalau liat di thumbnail video, dekat judul ada tulisan CC). Jadi semua video tersebut ada teksnya. Iya walaupun saya nonton video bahasa inggris teksnya bahasa inggris, video nussa dan rara yang berbahasa indonesia pun saya tetap pakai teks bahasa indonesia. Kenapa? Saya kalau nonton video ga pakai suara tapi ga bisa pakai headset, karena biasanya saya nonton di samping anak saya yang sedang tertidur, hihihi.

Kuy, cobain deh satu aja video dari list di atas, menurut kamu menarik dan bagus ga buat ditonton? Atau udah subscribe channel yang sama juga?

You Might Also Like

2 comments

  1. Nussa Official kayaknya kece ya.. iya nie parah youtube yang trending. Malah gosip gak jelas. Jadi konten-kontennya gak jelas banget.. Halaaah..

    ReplyDelete
  2. Wah aku langsung subscribe dong The School of Life.

    Btw CC ada yang otomatis gitu mba

    ReplyDelete

Subscribe