5 Situs Belanja Favorit versi Online Shopping Mania

4:44 AM


Nah ini dia nih yang paling sering jadi distraksi buat saya nulis, belanja! Dan di saat-saat terakhir ini, saya ketinggalan banyak post. Biang penyebabnya, 12.12! 

Seberapa sukanya saya belanja online? Sampai-sampai saya kalau ke mall ya hanya buat makan dan anak main, jarang belanja kecuali kebutuhan sehari-hari. Soalnya saya bisa menemukan barang yang sama dengan harga lebih murah di online.

Berikut tempat belanja online favorit saya, 2 marketplace dan 3 situs belanja (e-commerce).

1. Shopee



Siapa sih yang ngga tau shopee? Marketplace yang paling populer saat ini. Saya sudah memakai shopee semenjak punya anak pertama, hampir 2 tahun. Di Shopee saya bisa menemukan apa saja dengan harga yang termurah. Dari dulu subsidi ongkos kirim (ongkir) nya sampai 70 ribu sampai sekarang tinggal 20 ribu. Dari yang sebelumnya jumlah checkout free ongkir tidak dibatasi, sampai sekarang dibatasi dan dibuat jadi voucher. Hahahhaa, sebenarnya shopee semakin tidak mudah dan semenyenangkan dulu. Tapi sekarang hampir semua toko melapak di Shopee. 

Saya sendiri pun punya toko disini. Membuka toko di shopee memang lebih mudah padahal sebelumnya saya punya lapak juga di "si hijau", tapi akhirnya tidak terurus karena membuka toko di lebih dari satu tempat membuat pusing pengaturan stok barang, sedangkan saya masih mengerjakannya sendirian. Marketplace yang merah? Saya sudah tidak punya tenaga untuk membuka di situ walaupun promonya juga lagi gencar untuk free ongkir dan foundernya 1 almamater hehehehe.

Berdasarkan pengamatan saya, barang-barang seperti kosmetik dapat ditemukan di shopee dengan harga 20% di bawah harga normal eceran yang ditentukan produsen. Jadi kalau di mall diskonnya baru 15-20% saya belum tertarik, tapi kalau lebih dari itu baru lah menarik.

My Best Purchase: Susu anak paling murah bisa dapet di Shopee. Sebagai ilustrasi, Pediasure 850 gr itu harga normal di tokonya 280 ribu, kalau di Shopee bisa ada yang jual 220 ribu. Terkadang ada voucher cashback juga, jadi lumayan banget ngehematnya.

2. Lazada



Lazada juga merupakan marketplace yang artinya tidak semua barang disediakan dan dikirim dari gudang lazada. Biasanya yang dikirimkan dari lazada adalah barang-barang dari brand rekanan atau official shop. Kita juga bisa berjualan lewat lazada namun tidak semudah melalui shopee karena persyaratannya lebih khusus dan applikasinya pun berbeda. 

Sebenarnya saya suka agak trust issue sama lazada, karena diskonnya suka bohongan. Harganya suka di mark up dulu lalu diberi diskon besar dan jadi mendekati harga normalnya (kadang masih lebih mahal atau hanya murah sedikit saja). Saya sih tidak akan tertipu dengan yang begini. Belum lagi, keaslian barang tidak terjamin. Makanya di Lazada saya hanya berbelanja di official shop milik brand saat lagi ada promo besar-besaran.

My Best Purchase: Popok Sekali Pakai Sweety! Official Shop Sweety di Lazada termasuk yang paling sering diskon, kadang sampai 50%. Saya jadi sering dapat popok kelas gold dengan harga yang terkadang lebih murah daripada beli yang kelas silver di toko biasa.


3. JD.ID


Waktu baru pertama kali muncul (iyahhh, emang e-commerce kalau baru launching tuh promonya banyak dan pelanggan dimanjain banget), jd.id sering banget promo, belanja berapa pun gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. Enak banget kann.. Sering tuh saya cuma beli 9 ribu perak tapi gratis pengiriman. Sekarang sih mereka sudah ada batas minimum pembelanjaan 90 ribu untuk bisa gratis ongkir tapi tidak ada batasan kg nya... Kategori yang ditawarkan beragam, mulai dari handphone, komputer, sampai kendaraan bermotor, kebutuhan sehari-hari dari mie instant sampai shampo, segala barang fashion, kebutuhan ibu dan anak, sampai barang branded mahal 😮 semuanya ada. Dan salah satu keunggulan jd.id adalah, dijamin ori.  

My Best Purchase: Kain Pel Bolde 70ribu saja sudah dikirim ke Cirebon (sambil beli nata de coco buat Ammar biar gratis ongkir), liat di mall hampir 200 ribu. Pernah juga saya beli mangga harummanis dan bawah merah via jd.id hihihi.

4. Watsons



Semenjak watsons buka toko online, saya hampir tidak pernah belanja di toko fisik watsons kecuali memang perlu atau ingin mencoba langsung produknya. Kenapa? Karena mereka memberikan promo tambahan diskon 20% untuk pembelian online. Jadi lebih murah beli online kan. Belum lagi layanan free ongkirnya yang tak terbatas dengan hanya belanja 50 ribu untuk pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Semoga saja seperti ini terus, ngga perlahan dikurangi seperti Shopee, hehehehe.

My Best Purchase: Sabun mandi Palmolive 1L cuma 25 ribu waktu promo 9.9 yang lalu. Dan saya borong 8L. Stok sabun mandi walau di rumah ada 10 orang aman sampai pertengahan tahun depan mungkin ya.

5. Orami



Orami (sebelumnya Bilna) adalah situs belanja yang fokus terhadap kebutuhan wanita (read: ibuk-ibuk). Mulai dari peralatan bayi, baju menyusui, sampai gincu semua ada disini. Harga normal di Orami memang lebih mahal daripada di Shopee, tetapi memang sering diskon dan harganya bersaing. Gratis biaya pengiriman untuk pembelian minimal 200 ribu. Sebenarnya ini agak memaksa sih, karena kalau tidak mencapai 250 ribu, biaya pengiriman ke jadebotabek jadi 18 ribu walau berat yang dibeli hanya 1 kg. Untuk di luar Jadebotabek, ada kuota berat pengiriman, kalau tidak salah 3 kg. Terakhir kali saya mencoba mengirim ke Cirebon, tidak sepenuhnya gratis soalnya.

Sekarang Orami tidak hanya berjualan namun menyediakan forum diskusi untuk ibu-ibu yang membahas mulai dari kesehatan sampai menyediakan konsultasi gratis dengan dokter spesialis via forum.

My Best Purchase: Playmat Parklon yang harganya lebih murah dari di ITC Kuningan tapi bedanya saya ngga perlu capek-capek ke ITC dan ribet bawanya. Semuanya di antar gratis tis ke rumah :) Tapi ini hampir 1.5 tahun yang lalu sih, sekarang mereka ada syarat dan ketentuannya untuk gratis pengiriman.


Bagaimana dengan anda? Ada yang sama?

You Might Also Like

0 comments

Subscribe