Eat, Read, Pray, Love, and Learn

2:28 PM


Hwaaaa, I'm down to 3 posts in this BPN 30 Day Challenge 2018. 

Hari ke 17 ini temanya apa yang mau dilakukan di 2018. Dengan kata lain ini mirip-mirip dengan resolusi ya. Kebetulan kemarin postingan instagram @byputy, ngajarin gimana "cheating" resolusi: mulainya dari Desember, jadi ada waktu 13 bulan, hihihihi. 

Kurang lebih yang mau saya lakukan di 2019 terbagi menjadi 5 bagian (maaf Liz Gilbert kalah banyak, lohh):

1. EAT - Karena saya masih bawa 10 kg sisa berat postpartum 8 bulan yang lalu, maka saya bertekad untuk mulai makan dengan benar dengan cara mengurangi karbo. Ibu dan Ayah saya melakukan diet keto, sebenarnya saya tertarik karena termasuk diet yang makanannya enak-enak. Tapi kok saya ga kuat ya ninggalin cemilan manis dan minuman berasa. Jadi 2019 ini, saya akan coba mengurangi karbohidratnya aja dulu dengan tidak makan nasi dan minum yang tawar-tawar saja.

2. READ - Tahun 2018 ini sebenarnya saya cukup banyak baca buku baik hardcopy maupun ebook jika dibandingkan tahun sebelumnya. Total sekitar 20an buku, tapi sebagian besar hanya dibaca 30% saja. Yaa, kalau dihitung sama bacain buku anak baru deh bisa nyampe 60 buku. Begitu banyak manfaat dari membaca dan Alhamdulillah anak saya memiliki minat baca yang besar sampai-sampai kadang saya capek banget bacainnya. Saya ingin kebiasaan ini terus bertahan sampai mereka dewasa, and kids learn by example right. Jadi tahun 2019 saya punya target 18 buku tapi dibaca selesai semua dan minimal mereview 1 buku di blog tiap bulannya. Karena biasanya kalau dituliskan kembali, isinya jadi lebih menempel, ya gakk...

3. PRAY - The dark side of being a mom, well at least for me, ada waktu dimana saya sampai menjama' sholat karena anak saya segitu nempelnya, dia ngempeng. Iya, bukan telat lagi, tapi sudah berganti waktu sholat. Seiring waktu sebenarnya sudah membaik, caca sudah bisa bermain sendiri. Lagipula kata guru ngaji saya, untuk urusan ibadah wajib, kita harus memiliki ketegaan pada anak. Iya, target 2019 saya ga muluk-muluk, bukan sholat malam atau dhuha, sholat dulu melainkan sholat 5 waktu di awal waktu. Serta minimal banget baca sekali al-ma'tsurat (doa pagi dan petang, harusnya 2x) setiap harinya. 

4. LOVE - Saya suka lupa kalau bayi yang gede (read: suami) juga perlu perhatian dan disayang. Selama ini, kaya hidup saya sudah ribet dengan 2 krucil, plis dehhh urus diri sendiri dulu yaaa... Eh tapiiiii, yang bakal sama saya terus sampai maut memisahkan kan suami (Aamiin), masa ga saya pupuk cinta kami supaya selalu bersemi *halahhhh*. Okay, sekarang saya mau kasih voucher pijat seminggu sekali buat suami. *lohhh, kok cuma seminggu sekali*. Iyes, karena selama nikah 4 tahun, bisa dibilang ga sampai 10x saya pijetin suami, biasanya kalau udah beneran sakit baru dipijetin. *istri macam apaaa itu*. I'm a terrible masseause! Tapi aku akan berusaha okehhh...

5. LEARN - Salah satu ketakutan saya dalam hidup adalah menua dan jadi pikun. Iya saya takut jadi pikun dan merepotkan orang lain. Saya perhatikan orang-orang tua yang berprofesi sebagai guru, dosen, dan yang selalu aktif untuk belajar, akan lebih terhindar dari penyakit pikun. Jadi saya tetap ingin belajar mengupdate ilmu-ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya (itu tuh standar-standar yang ada "ISO"nya) *siapa tau nanti balik jadi professional lagi setelah bocah-bocah gede*. Dan menambah ilmu-ilmu baru seperti blogging (nih, lagi belajar) sampai berbisnis (yang bener, kalo sekarang masih ngasal).

Iya sekiranya begitulah hal-hal yang ingin saya lakukan di 2019. Semoga bukan hanya wacana yaaa... Karena ketika dituliskan, akan menjadi beban dan motivasi untuk diwujudkan.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe